27.6 C
Bogor
Saturday, May 11, 2024

Buy now

spot_img

Hewan yang Dikurbankan Harus Kantongi Surat Keterangan Sehat

Jonggol | Jurnal Bogor 

Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Peternakan memberlakukan Surat Keterangan Sehat Hewan Kurban jelang Idul Adha, Minggu (10/07/22). Idul Adha tahun ini masih dibayangi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak seperti sapi dan kambing.

Kasubag TU UPT Peternakan Jonggol, Dr. Toib mengatakan syarat hewan kurban harus mengantongi surat keterangan sehat untuk  hewan dan layak kurban atau SKKH dari dokter hewan atau paramedis dibawah penyedia dokter hewan.

“Syarat hewan kurban saat ini harus dilengkapi SKKH jika hewan itu dikirim luar kota atau surat keterangan sehat saja jika untuk dalam kota,” jelas Dr Toib kepada Jurnal Bogor, Kamis (07/07/22).

Menurutnya, sebelum mengeluarkan surat tersebut dokter hewan melakukan pengecekan kesehatan hewan terlebih dahulu, baik yang dalam kondisi sehat maupun telah sembuh dari PMK. Ketika hasil pemeriksaan calon hewan kurban dinyatakan aman maka dokter hewan menerbitkan SKKH atas hewan tersebut.

“Pada tahun- tahun sebelumnya tidak seketat ini, namun karena ada situasi yang berbeda diharapkan mekanisme itu berjalan untuk memastikan kesehatan ternak, ” terangnya.

Cara untuk mendapatkan SKKHK, kata dia yaitu ketika hewan kurban sudah berada di lokasi- lokasi pemotongan dan tenaga teknis Dinas Peternakan akan melakukan pengecekan, dan saat hasil pemeriksaan kesehatan aman barulah diterbitkan SKKHK.

“Pihak dinas akan menempatkan dokter hewan yang siap melakukan supervisi tenaga teknis di lapangan, membantu memastikan kondisi ternak qurban apakah sehat, ada gejala dan lain sebagainya. Ada dokter hewan yang siap melaksanakan tugas supervisi kesehatan hewan kurban di Kecamatan Jonggol dan sekitarnya ” paparnya. 

Adapun, para dokter itu merupakan mahasiswa  kedokteran  dari IPB yang akan ditempatkan di tiap -tiap masjid yang melaksanakan pemotongan  hewan kurban saat Idul Adha mendatang.

** Ramses / Nay 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles