8 Perahu Karet Diturunkan Perindah Wisata Susur Sungai 

0

Gunung Putri | Jurnal Bogor 

Dalam menunjang Bojongkulur sebagai Desa Wisata, pemerintah desa setempat menggelar kegiatan bebersih Sungai Cikeas, Sabtu (2/7/2021). Kegiatan berbasis masyarakat ini dimulai pukul 08.00, diawali dari Dermaga 6 Vila Nusa Indah 3, Desa Bojongkulur, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor hingga Dermaga 2 Bendung Koja.

Ketua Desa Wisata Bojongkulur Puarman mengatakan, kegaiatan bersih sungai ini menggunakan 8 perahu karet menyusuri sungai sepanjang 5 kilometer.

“Selain Pemerintah Desa Bojongkulur dan berbagai unsur masyarakat, kegiatan bebersih ini juga melibatkan pelaku usaha dan pegiat lingkungan hidup, diantaranya Komunitas Peduli Sungai Cileungsi Cikeas (KP2C),” jelasnya kepada Jurnal Bogor, Sabtu (02/07/22).

Kepala desa Bojong Kulur Firman Riansyah juga mengatakan, beberapa waktu lalu Bojongkulur telah ditetapkan sebagai Desa Wisata oleh pemerintah. Salah satu destinasi wisata andalannya adalah kuliner “tanpa dapur” dan susur Sungai Cikeas sepanjang 5 Km. Kedua wisata unggulan ini merupakan andalan destinasi wisata Dermaga 6 –Dermaga 2.

“Lokasi wisata di sepanjang Dermaga 6 hingga Dermaga 2 berpanorama menawan, indah dan memukau, gerakan bebersih ini akan menjadi agenda rutin pemerintah desa dan warga setempat, sekaligus sebagai kontribusi kami yang ada di hulu sungai, bahwa kegiatan bebersih ini akan dirasakan manfaatnya oleh warga di hilir, dimana sampah bambu yang biasa menyumbat Bendung Koja akan tereliminasi volumenya,” jelas Firman.

** Nay Nur’ain

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here