26.6 C
Bogor
Friday, April 19, 2024

Buy now

spot_img

Damkar Targetkan Bangun 12 Sektor di 40 Kecamatan 

 

Ciawi | Jurnal Bogor

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kabupaten Bogor, menargetkan pembangunan 12 sektor yang akan tersebar di 40 kecamatan. Hal itu mengingat tingginya tingkat bencana kebakaran di wilayah Kabupaten Bogor, sehingga menuntut kesiapan dan kesiagaan petugas pemadam kebakaran yang saat ini baru berdiri 8 sektor.

Sekretaris Dinas Damkar dan Penyelamatan Kabupaten Bogor, Hidayat Saputra Dinata mengatakan, secara administratif wilayah Kabupaten Bogor memiliki 417 desa dan 17 kelurahan yang tersebar di 40 kecamatan. Sehingga, penambahan sektor yang sekarang baru 8 titik menjadi 20, menjadi program dinasnya hingga tahun 2023 mendatang.

 “Idealnya kita memiliki 20 Sektor Pos Damkar, karena kecepatan dan efektifitas kerja akan tercapai. Jika jumlah personil bisa dipenuhi, pastinya sesuai dengan jumlah yang ideal,”  ujarnya saat mengunjungi Sektor Damkar dan Penyelamatan Ciawi, Kamis (23/06).

Nantinya, kata mantan Sekdis Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) yang hanya menjabat selama delapan bulan itu,,  Sektor Damkar berada di setiap Dapil di Kabupaten Bogor, terdiri dari 6 wilayah yang merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) dan menaungi beberapa sektor.

Selain itu, jumlah petugas saat ini tidak ideal dengan kebutuhan operasional lapangan. Tetapi hal itu tidak membuat pelayanan petugas Damkar dan Penyelamatan menjadi menurun.

“Fungsi Damkar tidak hanya memadamkan api, tapi juga ada bagian rescue yakni penyelamatan berbagai macam bencana. Makanya saya sudah mewacanakan setiap Dapil satu UPT dan membawahi beberapa sektor, seperti Dapil selatan akan ada Sektor Damkar di Cisarua Gunung Mas, Cigombong dan Cijeruk,” papar Hidayat.

Pria yang sebelumnya pernah menjadi Camat Cijeruk itu menambahkan, untuk membentuk 20 Sektor Damkar, alokasi anggaran bisa mengunakan dana APBD Kabupaten Bogor dan Coorporate Society Responsibility (CSR) sejumlah perusahaan. Intinya, penambahan personil dan Pos Damkar sangat dibutuhkan.

 “Bekerja memadamkan api itu, berlomba dengan waktu. Ketika unit pemadam kebakaran dioperasikan oleh personil yang cukup api semakin cepat dipadamkan,”tambahnya.

Ia berharap, pada 2023 penambahan pembentukan 20 Sektor Damkar bisa terealisasi. Saat ini, setiap sektor terdiri dari 52 personil dalam setiap harinya ada 17 petugas yang bersiaga, sedangkan kendaraan pemadam kebakaran di tiap sektor ada 4 unit.

“Program kerja itu, sesuai dengan Permendagri Nomor 16 Tahun 2020 Tentang Pedoman Nomenklatur Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelematan. Semua sudah tertuang didalam Permendagri tersebut,” tukas Hidayat yang akrab dipanggil Ibing.

** Dede Suhendar

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles