31.6 C
Bogor
Monday, May 6, 2024

Buy now

spot_img

Suhandi: Samenan Itu Tradisi Tahunan yang Harus Terus Dilestarikan

Babakan Madang | Jurnal Bogor

Kepala Desa Karang Tengah, H.Suhandi menginginkan para kepala sekolah negeri maupun swasta di Desa Karang Tengah, tetap mengadakan kembali samenan atau biasa disebut kegiatan tahunan kenaikan kelas untuk mendidik mental siswa.

“Dengan adanya pemberitaan kemarin samenan dianggap pungli membuat saya harus mengelus dada. Pasalnya samenan itu hal yang sudah biasa, karena anak sekolah itu selama 12 bulan atau setahun sekali, ya wajar lah. Iuran pun boleh karena itu kan buat tenda, snack dan segala macemnya untuk memeriahkan anak sekolah sekaligus mendidik mental siswa,” ujarnya kepada Jurnal Bogor, Senin (06/06).

Dia menyayangkan adanya pemberitaan tersebut sehingga kepala sekolah menjadi ketakutan sehingga seolah-olah tidak boleh ada kegiatan samenan, dan tidak boleh ada pagelaran kenaikan kelas yang sudah biasa setiap tahunnya dilakukan.

“Karena untuk memeriahkan anak sekolah itu, setahun sekali wajar lah menurut saya, sangat disayangkan kalo dengan pemberitaan itu sampe gagal samen. Kemaren juga kepala sekolah, sudah menceritakan kepada kami, ingin mengadakan samen serentak di SD,” katanya.

Menurutnya, kegiatan samenan itu jika dihilangkan akan ada yang terasakurang, karena pada acara samenan itu ada seni tari, da nada drama kolosal yang secara tidak langsung itu membentuk karakter anak – anak.

“Karena samen itu diadakan setahun sekali, mereka tampil di depan banyak orang menguji mental dalam mengembangkan karakter siswa, apa tidak bisa melihat sisi baiknya. Jangan hanya dilihat biaya yang dikeluarkan tidak seberapa,” paparnya.

Ia berharap, tradisi samenan ini terus berjalan khususnya di Desa Karang Tengah agar seni yang sudah hidup bertahun – tahun terus lestari.

“Harapan saya tradisi ini bisa terus berjalan karena itu hanya setahun sekali, jadi suka cita menyambut ajaran baru dan lelah setelah belajar setahun bisa terbalaskan dengan tampilan seni tari,” pungkasnya.

** Nay / Wisnu 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles