29.6 C
Bogor
Friday, May 17, 2024

Buy now

spot_img

Pencarian Eril Tanpa Batas Waktu

Bogor | Jurnal Bogor

Pencairan Emmeril Khan Mumtadz alias Eril yang hilang saat berenang di Sungai Aare, Kota Bern, Swiss, Kamis 26 Mei 2022 lalu, sampai sekarang masih dilanjutkan tanpa batas waktu.

“Kami mendapatkan informasi dari otoritas Kota Bern, pencarian Ananda Eril terus berlanjut, pihak otoritas setempat mengerahkan semua potensi yang dimilikinya untuk menemukan Ananda Eril,” kata Duta Besar Republik Indonesia (Kedubes) untuk Swiss dan Liechtenstein Muliaman Dharmansyah Hadad, dalam keterangan pers secara virtual, Senin (06/06).

Muliaman menjelaskan, pencarian Ananda Eril dilakukan dengan menggunakan berbagai motode, seperti pencairan di darat, udara melalui drone, hingga penyelaman atau diving yang dilakukan tim dari otoritas setempat.

“Untuk mencari Ananda Eril, otoritas Kota Bern mengerahkan personil kepolisian sungai, regional, medis dan pemadam kebakaran, termasuk anjing pelacak. Kedubes terus berkordinasi dan berdiskusi dengan aparat setempat untuk mengetahui perkembangan pencarian Eril,”ujarnya.

Muliawan mengatakan, beberapa menit sejak Ananda Eril dikabarkan hilang, Kedubes langsung berkordinasi dengan otoritas Kota Bern, dan Pemerintah Federal Swiss, serta beberapa rumah sakit di Kota Bern.

“Kami sangat berterima kasih kepada otoritas lokal Kota Bern, dan Pemerintah Federal Swiss, serta masyarakat setempat yang menaruh empati kepada keluarga Kang Ridwa Kamil, sejak Ananda Eril dikabarkan hilang saat berenang di Sungai Aare,” katanya.

Sementara itu, Keluarga Ridwan Kamil atau Kang Emil, mengapreasi peran media yang telah memberikan ruang privasi kepada keluarga dengan tidak menanyakan terkait perkembangan pencarian Emmeril Khan Mumtadz  yang akrab dipanggil Eril.

“Keluarga mengaperasi rekan-rekan media,karena telah memberikan ruang privasi pada keluarga mengelola perasaan situasi keluarga yang traumatik,”kata Elpi Nazmuzzaman, juru bicara pihak keluarga Kang Emil, ketika memberikan keterangan persnya secara virtual dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), di Kota Bern, Swiss.

Elpi menjelaskan, pihak keluarga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kota Bern, Swiss, karena dengan respon cepat membantu pihak keluarga sejak Eril dikabarkan hilang saat berenang di Sungai Aare, Bern, Swiss, Kamis (26/05) lalu.

“Pihak Kedutaan Besar RI, di Kota Bern, Swiss sangat cepat merespon dengan mengontak pihak-pihak terkait di Kota Bern. Keluarga mempercayakan informasi dan perkembangan terkait pencarian Eril kepada KBRI,” ujar Elpi.

Elpi kembali menjelaskan, pihak keluarga Kang Emil, telah mengikhlaskan Eril. Karena tidak ada seorang pun manusia yang tahu kapan dan di mana dilahirkan serta dipanggil. “Keluarga sudah ikhlas,”tutupnya.

** M.Yusuf

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles