28.8 C
Bogor
Saturday, April 20, 2024

Buy now

spot_img

Aliri Puluhan Hektar Sawah, DI Cilonjong Dibangun Melalui P3-TGAI



Caringin | Jurnal Bogor
Para petani di dua desa di Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, dipastikan tidak akan kekurangan pasokan air untuk mengaliri area sawah mereka. Sebab Daerah Irigasi (DI) Cilonjong yang merupakan akses petani di Desa Pancawati dan Desa Cimande Jaya mendapatkan pasokan air, saat ini sudah hampir selesai dibangun.

Ketua kelompok Perkumpulan Petani Pengguna Air (P3A) Cilonjong, Desa Pancawati, Mada mengatakan, melalui Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3 – TGAI), realisasi Padat Karya Tunai (PKT) dari Kementerian Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (Kemen PUPR) di bawah Ditjen Sumber Daya Air, pembangunan infrastruktur DI Cilonjong saat ini tinggal tahap finishing.

Menurutnya, DI Cilonjong yang berlokasi di Kampung Pasir Kuda Desa Pancawati ini, merupakan akses saluran air yang mengaliri sekitar puluhan hektar sawah petani di Desa Pancawati dan Desa Cimande Jaya.

“Jadi bukan hanya petani di Kampung Pasir Kuda Desa Pancawati saja yang menikmati program P3-TGAI ini, petani di Desa Cimande Jaya pun dapat merasakan manfaatnya,” ujar Mada kepada wartawan di lokasi pembangunan DI Cilonjong di Kampung Pasir Kuda RT 06 RW 04.

Mada mengungkapkan, infrastruktur DI Cilonjong yang dibangun saat ini dengan panjang sekitar 450 meter dan lebar 30 centimeter. Adapun untuk pelaksanaan pembangunannya, sesuai dengan juklak dan juknis yang ada dibawah pengawasan pihak Balai Besar Wilayah Ciliwung Cisadane (BBWS).

“Kami hanya sebagai pelaksana kegiatan saja,” paparnya.

Mada berharap, setelah dibangunnya DI Cilonjong, bisa meningkatkan hasil pertanian para petani baik di Desa Pancawati khusunya dan Desa Cimande Jaya umumnya.

“Harapan saya agar hasil panen para petani meningkat, sehingga membantu perekonomian mereka,” imbuhnya.

Ibrohim, warga Desa Cimande Jaya  mengaku sangat mengapresiasi, pembanguan saluran DI Cilonjong yang ada di Kampung Pasir Kuda, Desa Pancawati tersebut.

“Saluran irigasi yang sekarang dibangun saya pun akan merasakan manfaatnya,” ucapnya.

Ibrahim meyakini, setelah adanya pembangunan irigasi, area sawah yang sebelumnya selalu kekurangan mendapatkan pasokan air, bisa teratasi dan tidak lagi ada petani yang gagal panen.

“Mudah-mudahan kedepannya hasil panen sawah kami lebih meningkat lagi,” tukasnya.

** Dede Suhendar 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles