25.6 C
Bogor
Saturday, April 27, 2024

Buy now

spot_img

Handayani Geulis Serahkan Hak Paten “Batik Bogor Pisan” ke Pemkot Bogor

JURNAL INSPIRASI – Bertepatan pada 16 Desember 2011, Batik Handayani Geulis memulai kiprahnya di Kota Bogor, pasalnya ini menandai 1 dekade kiprah Handayani Geulis Batik Bogor.

Sri Ratna Handayani Budi selaku pemilik menyerahkan secara langsung salah satu motif batik miliknya, yakni Bogor Pisan yang telah memiliki sertifikat hak paten kepada Wali Kota Bogor, Bima Arya secara langsung di Paseban Suradipati, Balai Kota Bogor, Kamis (16/12/2021), belum lama ini.

Baca Juga Dewan Sorot Pasar Tanah Baru

Dalam penyerahan tersebut, Bima Arya mendapatkan penjelasan secara langsung dari pemilik Handayani Geulis Batik Bogor tentang 13 sertifikat hak paten motif batik yang telah diproduksi dan menjadi pemegang hak paten terbanyak di Kota Bogor.

Disamping perjalanan jatuh bangun yang dialami Sri Ratna Handayani Budi dalam membangun Handayani Geulis Batik Bogor hingga saat ini

Usai menerima batik Bogor Pisan, Bima Arya mengungkapkan, tantangan dan konsistensi para pengrajin batik Kota Bogor untuk mempertahankan dan meningkatkan minat serta animo masyarakat terkait batik menjadi satu hal yang harus dihadapi, mengingat batik adalah budaya asli yang juga kebanggaan Indonesia.

Baca Juga Kondisi Kantor PDJT Mengkhawatirkan

“Tantangan untuk menumbuhkan kebanggaan masyarakat Kota Bogor akan batik asli Kota Bogor secara khusus. Selain itu juga untuk mengembangkan pasar dan batik identitas Kota Bogor yang menjadi kebanggaan masyarakat Kota Bogor,” kata Bima Arya didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor, Atep Budiman.

Sri Ratna Handayani Budi menyebutkan, Handayani Geulis Batik Bogor memiliki 91 motif batik tulis dan batik cap. Salah satu motif batik yakni Batik Bogor
Pisan yang menggambarkan ikon-ikon Kota Bogor
yang memiliki filosofi tentang keberagaman warga
yang menjadi kekuatan Kota Bogor.

Penyerahan batik motif Bogor Pisan sebagaimana yang diungkapkan Handayani Geulis Batik Bogor sebagai ungkapan rasa syukur dan terima kasih pihaknya kepada Pemkot Bogor yang telah memberikan dukungan.

Baca Juga Aliansi Budaya Jawa Barat Desak Pemkot Hentikan GLOW

“Sebagai salah satu pengrajin batik di Kota Bogor saya serahkan hak paten Batik dengan motif Bogor Pisan kepada Pemerintah Kota Bogor untuk di produksi oleh pengrajin batik lain di Kota Bogor. Saat ini motif itu hanya ada di Handayani Geulis, di Jalan Raya Bogor Baru Nomor 16, Tegal Gundil, Bogor Utara,” katanya.

Handy Mehonk | **l

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles