28.8 C
Bogor
Thursday, May 2, 2024

Buy now

spot_img

Portina Ujung Tombak Pelestarian Olahraga Tradisional

JURNAL INSPIRASI – Ketua Umum Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Bogor, Usep Supratman, SH,  saat ini tengah gencar melakukan pelestarian olahraga tradisional di Bumi Tegar Beriman.

Olahraga tradisional, kata Usep, adalah olahraga tradisi yang sudah lahir di Indonesia sejak dulu.

“ Olahraga tradisional atau ortrad harus tetap ada, tetap lestari dan juga harus terus dikembangkan dengan pemasalan kepada kalangan pelajar atau milenial yang ada di Kabupaten Bogor,” tegas Usep Supratman, Kamis, 25 November 2021.    

BACA JUGA Direktur PDJT Harus Ahli Transportasi

 Usep menilai, pengembangan ortrad harus ada agenda khusus yang lebih banyak lagi untuk kalangan  pelajar atau milenial.

Makanya, kata Usep, KORMI Kabupaten Bogor  metas bangga dan beruntung sudah memiliki induk olahraga yang menangangi olahraga tradisional di Kabupaten Bogor yakni Portina Kabupaten Bogor.

“ Portina Kabupaten Bogor adalah ujung tombak dalam pelestarian olahraga tradisional yang ada di Kabupaten Bogor,” papar Ketua Komisi 1  DPRD Kabupaten Bogor.

Makanya, sambung Sekretaris DPC PPP Kabupaten Bogor tahun ini KORMI Kabupaten Bogor menggelar event Festival Ortrad antar pelajar dan umum yang pelaksanaanya bersamaan dengan Lomba Senam Pancakarsa.

BACA JUGA IMI Korwil Kabupaten Bogor Siapkan Lima Atlet Grasstrack

“ Festival Ortrad yang kami gelar adalah bagian atau cara KORMI Kabupaten Bogor dalam melestarikan olahraga tradisional,” beber Usep.

Lebih lanjut, tambah Usep, kegiatan festival  ortrad yang  dilakukan KORMI Kabupaten Bogor bertujuan untuk mengenalkan generasi milenial kepada olahraga warisan budaya leluhur bangsa ini.

Ketua Umum Portin  Kabupaten Bogor, Bakri Hasan mengaku sangat bangga dengan upaya atau terobosan KORMI Kabupaten Bogor yang kembali menggairahkan olahraga tradisional di Kabupaten Bogor.

Jujur saja, kata Bakri Hasan, tanpa adanya sosialisasi, bimtek dan festival ortrad di kalangan milenial atau pelajar di Kabupaten Bogor maka  olahraga tradisional di Kabupaten Bogor akan punah.

BACA JUGA Portina Siap Sukseskan Semua Program KORMI Kabupaten Bogor

“ Festival ortrad yang dilakukan oleh KORMI dan Portina Kabupaten Bogor bertujuan untuk menjaga eksistensi olahraga tradisional tersebut,” kata Bakri Hasan.

Ia menambahkan, dalam festival ortrad kali ini, jumlah pesertanya mencapai 400 orang lebih yang berasal dari kalangan pelajar dan umum.

Dalam festival yang akan dilakukan pada tanggal 4 Desember 2021, ada enam cabang olahraga ortrad  yang akan dipertandingkan seperti Hadang, Dagongan, Sumpitan,  Tarompah Panjang, Kasti dan egrang.

“ Semua peserta festival ortrad  tingkat pelajar dan umum minimal harus sudah divaksin yang kesatu,” tuntas Bakri.

**as.pangrango

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles