Home Potret Desa Permudah Akses Jalan Warga, Samisade Desa Cibodas Sambungkan Jalur Antardesa

Permudah Akses Jalan Warga, Samisade Desa Cibodas Sambungkan Jalur Antardesa

Desa Cibodas melakukan betonisasi jalan program Samisade.

JURNAL INSPIRASI – Pemerintah Desa Cibodas, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor melakukan betonisasi jalan tembus menuju Desa Pabuaran, Sukamakmur. Upaya ini untuk mempermudah akses jalan untuk warganya.

Suhanda Anda Permana

Kepala Desa Cibodas, Suhanda Anda Permana mengatakan, betonisasi jalan program Samisade (Satu Miliar Satu Desa) tahun ini dikerjakan oleh pihak ke-3 yaitu PT Prayoga Pertambangan dan Energi (PPE) untuk betonisasi jalan Kampung Karangsaat RT 01/ 02 untuk tahap 1 dengan volume P 400M x L 3,5M x T 0,15M dan tahap 2 sedang dalam proses.

“Akses jalur ini nantinya bisa menuju Desa Pabuaran, memang masih agak panjang untuk menuju akses jalan tersebut, namun kami berupaya adanya program Samisade ini bisa menghubungkan jalur-jalur lintas antardesa dan kecamatan,” jelas Anda biasa disapa kepada Jurnal Bogor, Senin (01/11).

BACA JUGA: Camat Cileungsi Apresiasi Samisade, Infrastruktur yang Dibangun Bermanfaat untuk Masyarakat

Dia menjelaskan, untuk kualitas beton yang digunakan adalah K 250 dan sebagai pemilik anggran akan memantau pekerjaan tahap 2nanti , mengingat ada yang kurang saat pengerjaan tahap 1, dan dia harapkan PT PPE pengerjaannya lebih baik dari swasta yang lainnya karena merupakan BUMD Kabupaten Bogor.

“Ini kan program Bupati Ade Yasin, yang mengerjakannya adalah BUMD Kabupaten jadi sudah seharusnya kualitas lebih bagus dari yang dikerjakan secara mandiri ataupun pihak ke-3 lainnya,” ucap Anda.

Masih kata dia, ada beberapa kekurangan di tahap 1 ini seperti tingginya ada yang tidak mencapai 0,15M dan pihaknya akan minta pertanggung jawaban kepada pihak PPE jika ada kekurangan volume ditambah panjang volumenya untuk menutupi kekurang yang sebelumnya.

BACA JUGA: Program Samisade Desa Weninggalih Buka Akses Jalan ke Kampung Terisolasi

“Maka dari itu untuk tahap ke-2 yang belum dikerjakan ini tapi uangnya sudah kami serahkan kepada pihak PT PPE kami akan lebih ketat dan selektif lagi. Jangan sampai ketika ada temuan dilimpahkan kepada desa karena yang mengerjakan adalah PT PPE,” jelas Anda.

Dia berharap program ini terus berkelanjutan sehingga harapan untuk menyambungkan akses jalan menuju desa dan kecamatan lain bisa terealisasi karena dengan dibangunkannya tembusan jalan-jalan antardesa tersebut bisa memudahkan akses warga dan bisa meningkatkan perekonomian serta menaikan harga tanah.

BACA JUGA: Dikerjakan Mandiri, Samisade Desa Sukajaya Berjalan Mulus

“Terima kasih tak lupa saya ucapakan kepada Bupati Ade Yasin yang sudah menggelontorkan dana Samisade ini yang sangat besar manfaatnya bagi masyarakat. Semoga Bupati kita sehat dan bisa melanjutkan program kerjanya menuju Kabupaten Termaju,” pungkasnya penuh harap. Nay Nur’ain

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version