29.9 C
Bogor
Sunday, May 19, 2024

Buy now

spot_img

Negara Diminta Hadir, KSB Gagal Bayar

Bogor | Jurnal Inspirasi

Sejumlah nasabah mendatangi kantor pusat Koperasi Simpan Pinjam Sejahtera Bersama (KSB) di Jalan Pajajaran, Kota Bogor, Rabu (6/10). Mereka menuntut agar KSB segera melakukan pembayaran dari yang sudah dijanjikan September lalu. Tak hanya nasabah, sejumlah marketing simpan pinjam (MPS) dari beberapa daerah di Jawa Barat, Jawa Tengah dan DKI Jakarta juga meminta langsung Ketua Pengawas KSB Iwan Setiawan mencarikan solusi.

“Negara mesti hadir, kami sudah pusing dikejar-kejar anggota (nasabah) KSB yang belum menerima pembayaran,” ujar Toto, MPS dari Klaten.

Dia menjelaskan, KSB memiliki 180 ribu anggota dengan total gagal bayar mencapai Rp 7,1 triliun dengan simpanan dan investasi masing-masing anggota bervariasi dari jutaan hingga miliaran. “Situasi sulit sekarang saya butuh uang, ada 35 juta disini (KSB) hasil dari menyisihkan uang dari gaji yang saya simpan, nabung setiap bulannya 60 ribu,” ujar nasabah dari Cibinong, Desi.

Hal yang sama juga dikatakan Jagur yang keponakannnya sudah 5 tahun menabung, namun saat membutuhkan uang, dananya tidak ada. “Kami ingin ada kepastian dan tadi sudah negosiasi mudah-mudahan uangnya ada dan secepatnya diterima, Kami datang baik-baik dan damai, secepatnyalah,” ujarnya.

Begitu juga dengan Romauli dari Tanah Saeral yang uangnya Rp278 juta belum jelas kepastian kapan diterimanya. Dia mengharapkan KSB melakukan pembayaran agar masalah ini tak berlarut-larut menjadi polemik.

Sebelumnya masalah gagal bayar ini pada Agustus 2020 lalu, Pengadilan Tinggi Jakarta telah memvonis atau menyatakan koperasi ini masuk dalam Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU). Dalam perdamaian PKPU maka utang akan menjadi tanggungjawab koperasi. Namun demikian koperasi ini tetap diizinkan beroperasi karena kesulitan yang dialami karena faktor eksternal, yaitu pandemi Covid-19 dimana terjadi kesulitan dalam pengembalian maupun pembayaran pinjaman.

**ass

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles