Baru 20 Persen, Menhub dan TNI Bantu Vaksinasi di Kabupaten Bogor

0

Kemang | Jurnal Inspirasi

Angka vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bogor sampai Agustus ini masih 20 persen, sehingga membuat banyak pihak dan elemen ikut membantu Pemerintah Kabupaten Bogor untuk mencapai target vaksinasi 70 persen hingga Desember 2021 mendatang.

Salah satunya kegiatan vaksinasi massal yang dilaksanakan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI bekerjasama dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) menyelenggarakan kegiatan Serbuan Vaksinasi Massal Covid-19 di gedung PPSDM Aparatur Perhubungan, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Sabtu (7/8/2021).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Presiden menginstruksikan kepada para menteri harus secara proaktif melakukan kegiatan vaksinasi di beberapa daerah termasuk di Kabupaten Bogor ini.

Apalagi kata Budi, Kabupaten Bogor dengan jumlah penduduknya lebih dari 5 juta lebih menjadi kewajiban kita untuk lebih intensif melakukan vaksinasi yang saat ini baru mencapai 20 persen.

“Dari itu hari ini Kementerian Perhubungan bersama TNI AD melaksanakan aksinasi massal,” kata Budi kepada wartawan, Sabtu (7/8/2021).

Budi pun mengatakan, kegiatan vaksinasi harus dilakukan secara gotong royong dan kehadiran pemeritah, TNI-Polri dan elemen lainya, agar masyarakat semangat mengikuti kegiatan vaksinasi.

“Bogor penduduknya banyak harus semuanya divaksin. Semuanya penduduknya harus divaksin minimal 70 persen pada Desember harus mencapai target,” katanya.

Lebib lanjut Budi mengatakan, Kementerian Perhubungan untuk menanggulangi penanganan Covid 19 di tanah air, pihaknya akan mempersiapkan kapal -kapal terapung di sepuluh lokasi, di Makassar, Padang, Belitung, Palembang, lampung, dan Medan

“Itu akan menjadi instrumen terapung sehingga tidak terjadi Isoman diluar rumah,” katanya.

Sementara Bupati Bogor Ade Yasin mengucapkan terimakasih sebesar besarnya kepada Menteri Perhubungan dan Pangdam Jaya dan Siliwangi yang telah menggelar vaksinasi masal ini.

“Karena pemerintah daerah tidak mungkin melaksanakan kegiatan vaksinasi sendiri tentu harus ada dorongan dan bantuan dari semua pihak agar target vaksinasi di kabupaten Bogor bisa segera tercapai,” kata Ade Yasin.

Ade Yasin mengatakan, saat ini per hari di 40 kecamatan, ditargetkan 2.000 peserta vaksin. Sehingga herd immunity pada Desember ditargetkan 70 persen.

” Selalu saya sampaikan pada semua pihak,vaksinasi adalah tugas negara, bukan lagi perintah Bupati, Gubernur atau Presiden,” ujarnya.

Sedangkan Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Nugraha Budi Wiryanto menerangkan, Serbuan Vaksinasi Massal Covid-19 merupakan kerja sama antara Kemenhub RI, TNI AD dan Pemkab Bogor dalam rangka membantu masyarakat di wilayah Bogor serta daerah penyangga ibukota lainnya untuk mendapatkan vaksinasi sehingga tercipta herd immunity.

“Vaksinasi akan berlangsung selama dua hari, yaitu Sabtu dan Minggu dengan target sasaran 5.000 orang peserta. Pandemi adalah masalah bersama dan harus diatasi secara bersama oleh semua elemen anak bangsa,” katanya.

Dari pantauan, hadir dalam kegiatan tersebut, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugraha Budi Wiryanto dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji mewakili Kepala Staf TNI AD, Bupati Bogor Ade Yasin, Danrem 061 Surya Kencana Brigjen TNI Ahmad Fauzi, Dirjen Perhubungan Darat dan Plt. Kepala PPSDM Kemenhub RI dan sejumlah pejabat lainnya.

** Cepi Kurniawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here