29.6 C
Bogor
Saturday, May 18, 2024

Buy now

spot_img

Pemkot Batalkan Anggaran WIFI

Pelajar di Bogor Dapat Bantuan Internet dari Kemendikbud

Bogor | Jurnal inspirasi

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor batal menganggarkan dana untuk WIFI publik gratis di 799 titik pada 797 RW di ‘Kota Hujan’. Padahal, sebelumnya, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) telah mengajukan anggaran ke Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) sebesar Rp2.197.250.000 untuk mendukung pembelajaran jarak jauh (PJJ) hingga lima bulan kedepan melalui pergeseran APBD.

Kepala Diskominfo, Rahmat Hidayat mengatakan, batalnya penganggaran lantaran adanya bantuan kuota internet gratis yang berasal dari APBN melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Kan ada bantuan kuota internet, jadi Pemkot Bogor batal menganggarkan,” ujar Rahmat kepada wartawan, Minggu (1/8).

Rahmat mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima bantuan kuota internet gratis akan disalurkan pada bulan ini.

“Peserta didik PQUD dapat kuota 7Gb per bulan. SD dan SMP 10 Gb per bulan. Kemudian pendidik jenjang PAUD, SD dan SMP 12 Gb per bulan,” jelasnya.

Dalam kesempatan berbeda, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik), Hanafi mengaku belum mengetahui hal tersebut. “Belum ada (pembahasan),” katanya.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim mengatakan, Pemkot Bogor tengah mencari solusi lain untuk pembiayaan WIFI gratis. Salah satunya dengan berupaya melobi beberapa provider agar dapat memberikan corporate social responsibility (CSR) dalam bentuk kuota untuk WIFI gratis.

“Nah, sekarang kami sedang cari beberapa provider untuk bisa memberikan bantuan untuk WIFI gratis,” ucapnya.

Lebih lanjut, Dedie mengaku akan mencoba mengalokasikan anggaran WIFI gratis pada APBD Perubahan 2021. “Nanti di APBD Perubahan akan coba kita alokasikan,” ungkapnya.

** Fredy Kristianto

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles