27.1 C
Bogor
Thursday, April 25, 2024

Buy now

spot_img

Melalui Samisade, Padat Karya Jadi Solusi Ekonomi Warga Desa

Leuwisadeng l Jurnal Inspirasi

Program Bupati Bogor Ade Yasin dengan satu miliar satu desa (Samisade) disambut antusias oleh warga Kabupaten Bogor. Samisade menjadi salah satu kegiatan Padat Karya Tunai melalui pengelolaan secara swakelola yang tengah berlangsung seperti di Desa Kalong 2, Kecamatan Leuwisadeng.

Kepala Desa Kalong 2, Ulul Azmi mengatakan, program Samisade melaui APBD Kabupaten Bogor dimanfaatkan untuk pelebaran akses  jalan desa  yang berlokasi di Kampung Kalongtonggoh di lingkungan RW 05 Dusun 03 menuju Kampung Cikamarang, Desa Kalong 1.

“Sebanyak 51 orang tenaga lokal dari warga desa mendapat upah dalam pelaksanaan Padat Karya Tunai tersebut. Program Samisade adalah satu solusi menjaga daya tahan desa terhadap situasi ekonomi saat ini,” ujar Ulul Azmi kepada Jurnal Bogor, Kamis (22/7).

Pembukaan akses jalan menuju desa tetangga sepanjag 1 kilometer dengan lebar 2,5 meter itu dikerjakan berikut pembangunan TPT dan gorong-gorong. ” Dari satu kilo meter yang dilakukan pelebaran sepanjang 333 meter,” jelas Ulul Azmi.

Selebihnya jalan tersebut sudah tembus menuju Kampung Cikamarang, namun baru tahap pengerasan.

Ia menerangkan, Pemdes Kalong 2 mendapatkan bantuan program Samisade guna membangun insfrastruktur dengan sistem anggaran secara berkala dan Desa Kalong 2 baru menerima sebesar 40 persen. “Hingga pencairan berikutnya 60 persen, progresnya secara menyeluruh  pada pengerjaan betonisasi,” terangnya.

Menurut Ulul Azmi, dengan memperkerjakan menyasar  masyarakat yang terdampak Covid-19, mereka bisa memanfaatkan upah tersebut untuk kebutuhan kehidupan dia dan keluarganya. “Masyarakat sangat terbantu ditengah situasi pandemi ini,” tambahnya.

Sementara tokoh agama setempat, Udin Saepudin menyambut baik program Samisade dari Pemerintah Kabupaten Bogor. Bahwasanya dengan realisasi Padat Karya Tunai itu untuk memberikan penghasilan  bagi pekerja harian yang kehilangan pendapatan akibat  Covid-19.

“Samiade ini sudah lama dinanti warga dan akhirnya terwujud. Kami sangat bersyukur,  karena kehadiran program tersebut memberikan dampak positif ke masyarakat secara menyeluruh,” pungkasnya.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles