28.6 C
Bogor
Monday, May 6, 2024

Buy now

spot_img

Ratusan Warga Banjarsari Datangi Kantor Desa

Ciawi | Jurnal Bogor

Ratusan warga Desa Banjarsari, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, mendatangi kantor desa, Kamis (15/7) pagi. Kedatangan warga itu, untuk menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber anggaran dari Dana Desa (DD) untuk membantu warga ditengah pandemi Covid-19.

Kepala Urusan (Kaur) Pemerintahan, Desa Banjarsari, Samsul mengatakan, pembagian BLT DD tahun anggaran 2021 ini, untuk bulan keempat  dibagikan di Desa Banjarsari. Setiap warga atau keluarga penerima manfaat (KPM), lanjutnya, mendapatkan BLT DD sebesar Rp300.000.

 “Saya tekankan tidak ada pemotongan dari pihak manapun kepada para KPM,” ungkapnya kepada wartawan.

Data penerima BLT, sambung Samsul, di Desa Banjarsari sebanyak 130 KPM. Data tersebut tidak bisa berubah atau diubah namanya hingga satu tahun.  “Untuk nama-nama KPM yang dapat bantuan BLT DD, berlaku sampai akhir tahun 2021. Dan tidak bisa diubah atau diganti lagi nama bantuan,” paparnya.

Sesuai dengan arahan dari Kepala Desa (Kades) Banjarsari, Misbah, para KPM harus sesuai dengan kriteria. Dimana, KPM yang mendapatkan bantuan uang tunai bersumber anggaran dari pemerintah pusat itu, betul-betul warga yang terkena dampak dari Covid-19.

 “Jadi semua warga yang dapat BLT DD, belum pernah mendapatkan bantuan apapun selama pandemi Covid-19,” imbuh Samsul.

Sementara, Atih, KPM BLT DD Desa Banjarsari merasa terbantu dengan bantuan yang diterimanya sebesar Rp300.000 tersebut. Terlebih, disaat kondisi masih berstatus PPKM Darurat yang melarang segala aktivitas warga.

Menurutnya, uang yang diterimanya itu, akan dipergunakan untuk kebutuhan keluarga sehari-hari, terutama kebutuhan pangan.  “Saya akan belikan beras dan kebutuhan dapur lainnya, biar keluarga masih bisa makan ditengah pandemi Covid-19 yang belum kunjung usai,” tukasnya.

Pantauan di aula Kantor Desa Banjarsari, warga yang merupakan para KPM BLT DD tampak antre menunggu panggilan dari petugas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, yakni menggunakan masker, menghindari kerumunan serta disediakan tempat cuci tangan hingga hand sanitizer.

** Dede Suhendar

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles