33.8 C
Bogor
Saturday, May 18, 2024

Buy now

spot_img

Realisasikan Samisade, Pemdes Pabuaran Bangun Jalan Poros

Kemang | Jurnal Inspirasi

Bantuan program Satu Desa Satu Miliar (Samisade) terus bergulir di Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor. Tidak terkecuali di Desa Pabuaran, Kecamatan Kemang dimana realisasikan Samisade dengan membangun jalan poros kampung dan turap. Pembangunan ini disambut baik warga dan petani, pasalnya bisa meningkatkan potensi pertanian, peternakan dan UMKM.

Kepala Desa Pabuaran Ayoh Yohana mengatakan, pembangunan jalan poros kampung dan turap itu, akan membuka akses jalan antara Kampung Bangkong Reang dan Kampung Pondok.

“Lokasinya berada di tengah area persawahan warga yang sangat luas, pembukaan jalan di wilayah Kampung Pondok RW 8 dengan panjang jalan 800 m lebar 3.20 m dan ketebalan 0.12 m. Serta pembangunan turap sepanjang 982,80 x 0,4 x 0,5 x 2 sisi. Ini bisa dirasakan semua warga, dan pengerjaan dilaksanakan dengan cara padat karya,” kata Ayoh Yohana.

Ayoh menambahkan, untuk tahap pertama ini berupa pengerasan jalan poros kampung dan pembangunan turap atau TPT. Ini benar-benar membuka jalan di pertengahan sawah yang menghampar luas. Bahkan nanti ada beberapa jembatan karena ada kali kecil yang dilalui jalan ini.

“Harapan saya warga dan para petani serta warga yang memiliki pertanian dan perternakan bisa memanfaatkan jalan ini untuk memingkatkan ekonomi mereka umumnya perekonomian warga Desa Pabuaran,” ujarnya.

Sementara Kasi Ekbang Kecamatan Kemang Titin Hartini, yang turun langsung ke lapangan untuk melihat lokasi jalan poros kampung dan pembangunan turap/TPT mengatakan, dirinya selaku tim pengawas dari kecamatan hanya memastikan pekerjaan bisa berjalan dan sesuai target pengerjaan tanpa mengurangi kualitas pembangunan.

“Untuk saat ini tahap pengerasan jalan, karena jalan dipertengahan sawah tanahnya sangat labil. Serta pembangunan turap supaya jalan kuat dan kokoh, tadi saya berjalan dengan ibu kades langsung melihat lokasi. Memang benar jalan ini bisa dirasakan manfaatnya oleh petani. Hamparan sawah yang begitu luas membuat Pabuaran kaya akan hasil pertanian dan peternakan, saya minta warga juga ikut membantu dan merawat jalan ini,” tukasnya.

Sementara salah satu warga sekitar, Iman Setiawan mengaku senang akan dibangunya jalan poros kampung di wilayahnya.

“Nanti kalau bawa hasil sawah bisa langsung lewat jalan ini. Karena sekarang ini kalau bawa pupuk atau hasil tani harus dipikul. Dengan adanya jalan ini mobil bisa langsung menuju ke sawah,” pungkasnya.

** Cepi Kurniawan

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles