Diduga Pungli, SDN 01 Cicadas Dikeluhkan Wali Murid

0

Gunung Putri | Jurnal Inspirasi

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) banyak dikeluhkan para siswa dan wali murid. Hal itu terjadi lantaran banyaknya dugaan adanya pungutan liar (pungli) yang dilakukan oleh beberapa sekolah di Kabupaten Bogor. Tak terkecuali di SDN 01 Cicadas yang terletak di Desa Cicadas, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor.

Para wali murid tersebut mengeluhkan terkait biaya perpisahan (akhir tahun) senilai Rp 200 ribu, dan juga soal dana masuk sekolah Rp 800 ribu serta diwajibkan membayar formulir pendaftaran Rp 50 ribu.

“Harusnya masuk sekolah negeri itu gratis tapi kok ini mah bayar ya. Formulir pendaftaran aja kudu bayar” ujar salah satu orang tua yang akan mendaftarkan anaknya dan tidak bersedia namanya disebut, Rabu (7/7).

Selain itu, salah satu wali murid merasa keberatan membayar uang perpisahan sebesar Rp 200 ribu dengan dalih untuk biaya cetak sampul raport dan sampul ijazah.

“Padahal aturan sudah jelaskan mulai dari Kementrian Pendidikan hingga peraturan Bupati, bahwa untuk siswa–siswi yang bersekolah di sekolah negeri semuanya ditanggung pemerintah pusat maupun daerah, dari dana BOS ini koh bayar ya,” keluhnya.

Sementara itu Kepala sekòlah SDN 01 Cicadas, Syazili saat dikonfirmasi terkait impormasi ini melalui WhatsApp tidak menanggapi hingga berita ini diturunkan.

** Nay Nur’ain

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here