32.6 C
Bogor
Thursday, April 25, 2024

Buy now

spot_img

Tambah Kapasitas Jamaah, Masjid At-Taqwa Direhab

Bakal Dihiasi Kubah dan Sistem Pencahayaan

Bogor | Jurnal Inspirasi

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan ‘menyulap’ Masjid At-Taqwa di kawasan Balai Kota menjadi masjid yang megah untuk menambah kapasitas jamaah dari sebelumnya 500 menjadi 700 orang.

Pemkot Bogor pun mengucurkan anggaran senilai Rp2,6 miliar yang bersumber dari APBD untuk rehabilitasi tersebut.

“Berdasarkan laporan lelang, PT Vanca Utama Perkasa yang akan melaksanakan rehabilitasi dengan waktu pelaksanaan 150 hari kalender,” ujar Kepala Bagian (Kabag) Umum Sekertariat Daerah (Setda) Kota Bogor, Yadi Cahyadi kepada wartawan, Rabu (30/6).

Menurut dia, masjid yang berada di lingkungan perkantoran Pemkot Bogor akan menambah luasan masjid, sekaligus menata ulang mimbar yang sebelumnya tidak center.

Yadi menjelaskan, sebelum direhabilitasi Masjid At-Taqwa memiliki luasan exisiting 426,4 meter persegi. Namun, setelah direhab luasannya akan bertambah 212,16 meter persegi.

“Eksistingnya hanya 800 meter persegi. Atapnya juga akan ikut dibongkar,” ucap Yadi.

Lebih lanjut, kata dia, rehabilitasi dilakukan lantaran kapasitas eksisting masjid At-Taqwa kurang memadai, hal itu terlihat saat salat Jum’at banyak jamaah yang harus melaksanakan salat di luar area masjid.

“Ya, memang kurang memadai, dan masih banyak yang salat di luar. Sebab, pegawai kantor swasta di sekitaran Balaikota selalu salat Jum’at di masjid ini. Selain itu, estetika dari Masjid At-Taqwa akan semakin baik,” jelasnya.

Yadi mengaku, mengadopsi beberapa arsitektur masjid besar pada beberapa wilayah di luar Kota Bogor, termasuk masjid di Kota Suci Makkah. Nantinya, sambung dia, masjid itu akan memiliki tiga kubah.

“Masjid harus memiliki kekhasan, ini yang belum dimiliki. Nantinya Masjid At-Taqwa akan tampak berbeda, apalagi dengan adanya tiga kubah besar,” katanya.

Selain kubah, sambung Yadi, masjid juga akan dihiasi beberapa ornamen dan pencahayaan, sehingga rumah ibadah itu akan terlihat semakin indah.

“Jadi setelah direhab daya tampung jamaah bertambah 200, jadi totalnya 700 jamaah. Itu kapasitas keseluruhan termasuk di lantai 2,” tukasnya.

** Fredy Kristianto

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles