Satgas Covid-19 Desa Ciderum Bagikan Ratusan Masker

0

Caringin | Jurnal Inspirasi
Satuan tugas (Satgas) Covid-19 Desa Ciderum, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, membagikan masker kepada pengunjung Pasar Cikereteg dan pengguna jalan, Rabu (30/6). Pembagian masker yang dilakukan Satgas Covid-19 itu, bagian dari pelaksanaan PPKM Mikro dalam memutus mata rantai penyebaran Virus Corona.

Dalam sekejap ratusan masker habis dibagikan Satgas Covid-19 yang terdiri dari jajaran pemerintah desa, Babinmas, Babinsa serta Satpol PP Kecamatan Caringin kepada pengunjung pasar dan pengguna jalan.

Sekretaris Desa (Sekdes) Ciderum, Samsi Rizal mengatakan, pembagian masker ini sebagai tindak lanjut Satgas Covid-19 dalam menjalankan PPKM Mikro. “Setiap pengunjung pasar dan pengguna jalan yang tidak memakai masker, kami berikan,” ungkapnya kepada wartawan.

Menurutnya, Desa Ciderum yang memiliki pasar rakyat milik Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Kabupaten Bogor, rawan akan penyebaran Virus Corona. Sehingga, Satgas Covid-19 memperketat aktivitas saat keluar rumah, yakni dengan menggunakan masker.

“Masih banyak sih warga yang melanggar protokol kesehatan dengan tidak menggunakan masker saat keluar rumah,” aku Rizal panggilan akrab Sekdes Ciderum.

Saat penerapan PPKM Mikro di depan pintu keluar Pasar Cikereteg, lanjut Rizal, Satgas Covid-19 Desa Ciderum hanya memberikan masker terhadap warga yang melanggar protokol kesehatan.

“Sambil kita beri masukan agar terus menggunakan masker saat keluar rumah dan menjaga jarak serta mencuci tangan,” paparnya.

Rizal menghimbau agar para RW dan RT yang ada di Desa Ciderum, pro aktif melakukan sosialisasi kepada warga terkait penerapan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini.

Selain itu, sambungnya, pelaksanaan PPKM Mikro harus betul-betul dijalankan para pengurus wilayah agar masyarakat nya terhindar dari penyebaran virus tersebut.

“Kalau di wilayahnya ada yang terindikasi terkena covid, segera laporkan ke Satgas Covid-19 tingkat desa untuk dilanjutkan ke kecamatan,” tegas Rizal.

Sementara, Ketua RW 02, Kamal Kelana mengapresiasi langkah gerak cepat petugas Covid-19 Desa Ciderum dalam mencegah penyebaran Virus Corona dengan cara membatasi aktivitas warga. “Alhamdulillah semua wilayah di Desa Ciderum juga sudah dilakukan penyemprotan disinfektan,” tukasnya.

** Dede Suhendar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here