Wisata Bukit Stevia di Kiarasari Resmi Dibuka

0

Sukajaya l Jurnal Inspirasi

Kepala Desa Kiarasari Ahyar Suryadi meresmikan pembukaan wisata baru Bukit Stevia yang berlokasi di Kampung Cilongok Gunung Leutik, Desa Kiarasari, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor. Desa Kiarasari juga telah melakukan penghijauan di area wisata baru tersebut.

“Ini upaya menjaga wilayah hutan tetap asri, 200 pohon kayu kami tanam. Bagaimana caranya untuk menghidupkan lingkungan  dalam menjaga keasriannya dalam menjaga ekosistem alam bermacama jenis pohon kami tanam di lingkungan ini,” ujar Ahyar Suryadi disela peresmian dibukanya wisata Bukit Stevia, Kamis (24/6).

Ahyar menjelaskan, wilayah yang dikelolanya dimanfaatkan sektor wisatanya dan hasilnya nanti untuk lingkungan di wilayah Desa Kiarasari.

Sementara Ketua Desa Wisata Rojak mengatakan, setelah identifikasi untuk Desa Wisata pihaknya menemukan bukit yang mana menjadi titik pandang Desa Kiarasari. “Kebetulan di Gunung Leutik ada satu bukit yang menarik untuk menjadi tempat titik pandangnya Kiarasari,” ungkapnya.

Menurutnya, dibukanya wisata Bukit Stevia itu hasil swadaya murni warga Kampung Cilongok Gunung Leutik di lingkungan RW 06 yang mana kegiatan kelompok Pokdarwus ini telah dikukuhkan. “Pembukaan sampai hari ini kurang lebih tiga bulan. Kesadaran warga disini cukup tinggi dalam menjaga budaya gotong royong,” ujarnya.

Sementara mengenai fasilitas wisata kata dia masih dalam tahap proses swadaya dengan memanfaatkan sumber daya yang ada. Progresnya adalah bagaimana kedepan menjadi wisata yang ramah dan produktif tentunya mengutamakan prinsip-prinsip pembangun yang berkelanjutan.

“Stevia salah satu destinasi yang berada diatas bukit, meski ditengah moderinisasi kami harap bagaimana masyarakat sadar untuk menjaga lingkungan. Dorongan Pemdes maupun Pemkab Bogor untuk mendukung partisipatif swadaya di masyarakat,”  pungkasnya.

** Arip Ekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here