Hasil Musdes, Pembangunan Jaling Masih Mendominasi di Desa Ciderum

0

Caringin | Jurnal Inspirasi

Pengajuan pembangunan infrastruktur jalan lingkungan (jaling) masih mendominasi di Desa Ciderum, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor di tahun 2022 mendatang. Hal itu diketahui saat BPD Desa Ciderum melaksanakan Musyawarah Desa (Musdes) untuk pembangunan anggaran tahun 2022, di kantor Desa Ciderum, Kamis (24/6).

Meski dalam Musdes tersebut diwakili Sekretaris Desa Ciderum dan dihadiri Kasi Pemerintahan Kecamatan Caringin, semua wilayah mengajukan pembangunan infrastruktur jaling. Kamal Kelana, Ketua RW 02 Desa Ciderum mengatakan, setiap tahun saat pelaksanaan Musdes, pengajuan untuk pembangunan Jalan masih menjadi skala prioritas wilayahnya. “Pengaspalan jaling masih terus saya ajukan di tiap tahun,” ujarnya.

Di pelaksanaan Musdes ini, lanjutnya, untuk wilayah RW 02 mengajukan beberapa titik pembangunan jaling terutama jalan yang terintegrasi antar RT.  “Saya mengajukan pembangunan jaling di RT 02 mulai dari Gang KUD sampai lapang voli di Gangg Menteng,” ungkap Kamal.

Kamal berharap agar pengajuan pembangunan di wilayahnya untuk tahun depan, direalisasikan pemerintah desa dengan mengawal hingga di tingkat Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang), baik tingkat desa maupun kecamatan.

 “Saya juga berharap pengajuan pembangunan gedung Posyandu dan pembelian alat pendukung kesehatan, seperti timbangan di tahun 2022 terealisasi. Karena selama ini untuk kegiatan Posyandu masih di rumah kader,” papar Dede Boris, Ketua RW 09 Desa Ciderum.

Sekdes Ciderum, Samsi Rizal menegaskan, Pemdes Ciderum akan mengusulkan semua pengajuan yang disampaikan masyarakat melalui para RW dan Kadus di wilayah masing-masing.

 “Tapi kami juga akan melihat skala prioritas di setiap wilayah. Dan setiap tahun pengajuan pembangunan infrastruktur masih mendominasi, walaupun ada juga anggaran untuk penanganan Covid-19,” imbuhnya.

Ketua BPD Desa Ciderum, Ujang Hasbullah menegaskan, usai Musdes ini semua pengajuan masyarakat untuk pembangunan tahun depan diserahkan kepada pihak Pemdes. “Alhamdulillah semua perwakilan masyarakat di Desa Ciderum, menyampaikan semua pengajuan untuk pembangunan di wilayahnya,” tukasnya.

** Dede Suhendar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here