30.5 C
Bogor
Friday, April 19, 2024

Buy now

spot_img

Tindaklanjuti Aduan Pedagang, Mantan Kadisdik Tinjau Pasar Rakyat Jasinga

Jasinga | Jurnal Inspirasi

Kepala Dinas Perdagangan dan Industri (Kadisperdagin) Kabupaten Bogor Entis Sutisna yang juga mantan Kadisdik beserta Sekretaris Dinas Perdagangan dan Industri (Sekdisperdagin) Kabupaten Bogor Yadi Mulyadi, meninjau Pasar Rakyat Jasinga, Kamis (24/06/2021).

Kedatangannya karena adanya laporan para pedagang dan masyarakat terkait kondisi pasar yang sering banjir dan banyak atap pasar yang sudah bocor.

“Kita datang atas adanya laporan masyarakat dan para pedagang di Pasar Jasinga. Pas kita masuk, melihat kondisi satprasnya sudah pada bocor dan drainase yang kurang lebar, serta letak posisi pasarnya juga ada dibawah, sehingga kalau hujan otomatis air akan masuk dan ini membuat ketidaknyamanan proses jual beli,” kata Entis kepada awak media.

Menurutnya, setelah berbincang dengan warga dan para pedagang, pihaknya menangkap aspirasi yang intinya keberadaan atau posisi pasar ingin dialihkan ke seberang jalan yang posisi tanahnya ada di atas. “Berangkat dari bawah, nanti bagaimana kajiannya setelah mereka mengajukan,” katanya.

Entis melanjutkan setelah ada ajuan dari warga, tokoh-tokoh masyarakat disini, kita nanti dikaji diperubahan. “Setelah itu nanti kita turun ke lapangan atas ajuan dari masyarakat,” katanya.

Entis melanjutkan  kemungkinan tahun depan baru dianggarkan dengan menggunakan anggaran Kementerian Perdagangan. “Yang terpenting adalah tanah dulu, kalau tanah sudah ada kita usulkan ke Kementerian dari pusat, nantikan ada dana dari Kementerian untuk pembangunan pasar, jadi Pemda hanya beli tanah saja,” katanya.

Sementara itu, melihat kondisi pasar yang saat ini tidak layak, salah satu tokoh masyarakat Jasinga, Haji Rahmat meminta agar direlokasi ke tempat yang layak serta aman dari banjir. “Karena posisi pasar ada dibawah, hujan kecil pun otomatis air akan masuk ke pasar dan banjir, kondisi seperti ini berlangsung sudah lama,” kata Haji Rahmat.

“Saya sampaikan ke Pak Kadis agar pasar dipindahkan ke seberang jalan yang tanahnya lebih tinggi,” pintanya.

** Cepi Kurniawan

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles