25.5 C
Bogor
Friday, April 26, 2024

Buy now

spot_img

Berada di Kawasan Perhutani, Air Terjun Ciawi Tali Destinasi Wisata Tersembunyi

Cigombong | Jurnal Inspirasi

Berada di kawasan hutan milik Perhutani atau tepatnya berada dibawah Kaki Gunung Pangrango, Air Terjun Ciawi Tali yang berlokasi di Desa Wates Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, merupakan kekayaan potensi wisata alam yang indah.

Air terjun ini juga salah satu destinasi wisata alam yang harus dikunjungi. Terlebih saat menuju ke lokasi, para wisatawan akan dihadapkan dengan  pemandangan indah dan sejuknya udara pegunungan.

 “Dengan keindahan panorama alam yang ada, wisatawan bisa dimanjakan dengan keindahan alam. Sehingga saat sampai di lokasi, rasa lelah usai berjalan kaki bisa hilang,” kata pengelola Air Terjun Ciawi Tali, Irpan.

Menurutnya, untuk sampai lokasi air terjun tersebut bisa ditempuh melalui jalur Kampung Sungapan Bohlam, Desa Srogol dan jalur Wates perbatasan Desa Wates Jaya, Cigombong dengan Desa Benda, Cicurug, Sukabumi atau dapat melalui informasi Desa Wates Jaya.

 “Aksesnya bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama 1 jam dan bisa dibilang butuh tenaga ekstra, sebab akan berpetualang menembus areal pertanian warga dan kawasan hutan lindung,” ungkapnya.

Irpan menerangkan, air terjun Ciawi Tali memiliki ketinggian kurang lebih 35 meter dan masih terbilang alami. Karena, selain dikelilingi pepohonan tinggi juga jarang terjamah oleh wisatawan.

 “Belum banyak wisatawan yang mengetahui. Jadi situasinya benar-benar masih alami,” jelasnya.

Selain air terjun, lanjutnya, di sekitar lokasi tersebut juga terdapat tempat wisata alam lain yang bisa menarik untuk dikunjungi, seperti wisata sensasi River Tubing dan camping ground.

 â€œMakanya, bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan pemandangan yang masih alami dan kesejukan udara, silahkan datang saja bagi ke tempat wisata ini. Sebab, di lokasi itu juga disajikan coffee drink, kopi asli desa sini,” tukasnya.

** Dede Suhendar

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles