26.6 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

Kota Bogor Kekurangan 3.000 ASN

Akhir Juni Pendafataran CPNS dan P3K Dibuka

Bogor | Jurnal Inspirasi

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor kekurangan sebanyak 3 ribu Aparatur Sipil Negara (ASN). Apalagi, pada pada tahun ini ada 360 pegawai yang purna bhakti.

Kepala Bidang Formasi, Data dan Penatausahaan pada BKPSDA, Aries Hendardi mengatakan, saat ini total ASN di lingkungan Penkot Bogor ada 6.339 orang, dan akan berkurang 360 ASN pada akhir tahun ini.

“360 ASN itu mulai dari guru, tenaga kesehatan (nakes), dan tenaga teknis lainnya. Dari jumlah tersebut, 70 persennya adalah guru,” ujar Aries kepada wartawan, Senin (14/6).

Menurut dia, sejak pemerintah pusat memoratorium penerimaan ASN pada 2014 lalu, jumlah pegawai yang masuk dan keluar tidak seimbang. “Idealnya kita butuh 3 ribu pegawai lagi, untuk tambal sulam yang pensiun,” katanya.

Aries menjelaskan, sejak adanya moratorium penerimaan CPNS, pemerintah pusat merekrut Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (P3K). Rencananya, pada akhir Juni lowongan P3K akan dibuka berbarengan dengan CPNS.

“Untuk P3K dikhususkan bagi guru, maksimal usia pendaftar setahun sebelum pensiun di jabatan fungsional. Kita sudah ajukan formasinya, ya sebanyak 600. Namun masih menunggu persetujuan Kemenpan-RB,” ungkap Aries.

Dari jumlah usulan formasi tersebut, sambung dia, 60 persennya merupakan kuota untuk P3K. Sedangkan untuk CPNS didominasi nakes dan tenaga teknis lainnya.

“Pengajuan usulan formasi itu haeus ditunjang dengan kemampuan keuangan daerah. Jadi sebelum diusulkan dikaji dulu sanggup atau tidak,” tukasnya.

** Fredy Kristianto

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles