24.6 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

Karvin Fadila, Motivation Speaker Specialist

Bogor | Jurnal Inspirasi

Motivasi atau motivation memiliki arti sebagai daya batin atau dorongan. Motivasi bisa datang dari dalam diri sendiri maupun dari perkataan atau perbuatan orang lain. Menurut salah satu ahli, motivasi adalah kondisi internal yang membangkitkan seseorang bertindak dan mendorong individu untuk mencapai tujuan serta membuat individu tetap tertarik dalam suatu kegiatan.

Motivasi juga merupakan sebuah harapan dari setiap individu, agar menghasilkan tingkat kinerja yang dikehendaki. “Menurut saya, motivator merupakan salah satu profesi yang memberikan motif atau alasan pesertanya agar lebih semangat, mampu, sehingga dapat menggerakkan pemikiran mereka,” ujar motivational speaker, Karvin Fadila kepada Jurnal Bogor, Minggu (06/06).

“Kenapa saya memilih profesi ini, karena setiap orang butuh alasan dalam menentukan suatu tujuan dan target dalam hidupnya. Namun banyak yang belum tahu, belum mampu bagaimana cara manage atau mengatur diri agar ia tetap pada semangatnya, komitmennya, sehingga apa yang diyakinkan benar terjadi,” jelasnya.

Karvin juga menjelaskan, kegiatan yang sering dilakukan berupa bertemu dengan orang banyak, menjadi pembicara dalam seminar, workshop, pelatihan dan sejenisnya, serta coaching secara personal. “Untuk materi yang sering dibicarakan biasanya kaya, mind power/transform, passion, intinya yang berkaitan dengan motivasi. Kalo di bidang lainnya ada public speaking, leadership and service excellent,” terangnya.

Karvin mengakui, client yang sering mengundangnya untuk menjadi pembicara, motivator atau yang lainnya datang dari pemerintahan, perguruan tinggi, sekolah dan perusahaan. “Untuk tariff sendiri, tntunya ada dan disesuaikan dengan siapa clientnya. Sedangkan hari-hari ramai undangan biasanya dihari kerja, dari senin sampai kamis itu lebih banyak dari client pemerintahan dan corporate,” ujarnya. “Kalo hari libur kaya sabtu dan minggu, biasanya client dari sekolah dan perguruan tinggi,” tambahnya.

“Salah satu hal yang menarik saat menjadi motivator, menurut saya bisa menjadi pengingat untuk diri sendiri. Karena dari setiap apa yang dikatakan itu, harus dan diikhtiarkan agar dilakukan,” tutupnya.

** Azizah [MG/UIK-Jb]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles