26.6 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

Banjir Banyak Disebabkan Sampah dan Bangunan di Atas Lahan Saluran Irigasi

Dramaga  | Jurnal Inspirasi

Kepala UPT Pengairan Wilayah V Leuwiliang Rudi mengungkap sering terjadinya banjir dan rusaknya saluran irigasi karena ada 2 faktor yakni sampah dan banyaknya bangunan liar yang berada di atas lahan saluran irigasi.

“Tumpukan sampah akibat ulah oknum yang tidak bertanggungjawab, sama oknum yang sembarangan membuat pondasi bangunan di atas saluran irigasi yang terjadi penyempitan hingga terjadi banjir dan air meluap ke jalan,” kata Rudi.

Rudi mengatakan, pihaknya terus berupaya untuk melakukan pencegahan dan mencari solusi agar tidak terjadi banjir. Untuk di aliran sungai pihaknya  akan memasang jaring besi disetiap jembatan untuk menahan sampah yang kerap menumpuk ketika terjadi hujan deras.

Seperti kejadian beberapa waktu lalu sungai Cibeureum Dramaga  yang meluap hingga sampah masuk ke pemukiman warga bahkan masuk ke rumah mantan Bupati Bogor Rachmat Yasin. “Untuk sementara kita hanya pembersihan aliran sampah di kali dari sisa sisa bekas kemarin banjir,” katanya.

Lebih lanjut pihaknya kata Rudi akan meningkatkan pengawasan terhadap masyarakat agar tidak membuang sampah  sembarangan ke aliran sungai dan juga tidak membuat bangunan di atas saluran irigasi. “Agar tidak terjadi penyempitan aliran irigasi yang menyebabkan banjir,”pungkasnya.

** Cepi Kurniawan

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles