29.6 C
Bogor
Monday, April 29, 2024

Buy now

spot_img

Banyak Diburu Pembeli, Jangkrik Laris di Kemang

Kemang | Jurnal Inspirasi

Jangkrik atau Cengkerik adalah serangga yang berkerabat dengan belalang, memiliki tubuh kecil silindris dengan kepala hampir bulat dan sungut panjang seperti benang. Jangkrik juga adalah omnivora dikenal dengan suaranya yang khas yang dihasilkan oleh Cengkerik jantan.

Jangkrik pun saat ini banyak buru para penghobi burung kontes dan ikan. Seperti di salah satu lapak burung milik Diky Saputra. Banyak pembeli mendatangani lapaknya itu untuk membeli jangkrik yang berada di Jalan Hambulu, Desa Pondok Udik, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor.

Menurut Diky, jangkrik yang biasa ia jual untuk umpan itu merupakan jangkrik alam. “Jenis jangkrik alam biasa orang untuk mancing, untuk ikan arwana, lohan, Gapus cana dan juga untuk burung berkicau,” kata Diky.

Diky menjelaskan kenapa ikan dan burung diberi jangkrik karena agar ikan itu sehat dan juga digunakan untuk memancing ikan jenis gurame, bawal dan lele. “Dan untuk burung berkicau supaya suaranya bagus atau gacor alias sering berkicau,” katanya.

Dari penjualan jangkrik setiap hari Diky dapat meraup untung sehari Rp 70 ribu hingga Rp 100 ribu. “Kalau untuk jual pupuk pakan ayam dan empan kucing lain lagi kalau digabung bisa lebih dari 100 ribu,” kata Diky.

Untuk harga jangkrik itu per kilogramnya Rp 60 ribu, namun orang kebanyakan membeli Rp 5.000 hingga Rp 10.000 ribu per bungkus plastik kecil.

** Cepi Kurniawan

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles