Dakwah di Masa Pandemi

0

Bogor | Jurnal Inspirasi


Dakwah adalah sebuah kewajiban bagi seluruh Umat Islam, Allah mejawibkan seluruh umatnya untuk senantiasa mengajak sesama untuk selalu berada di jalan yang benar, jalan yang lurus jalan menuju kepada kebaikan. Kemajuan dan kemunduran Umat Islam sangat bergantung dengan kegiatan dakwah yang dilakukan.

Kegiatan dakwah sangat amat dibutuhkan bagi Umat Islam. Terlebih pada era sekarang ini atau era globalisasi dimana informasi sangat mudah dan cepat untuk masuk dan diterima.

Saat ini sedang tersebar wabah virus Covid-19, dimana wabah tersebut dikategorikan sebagai wabah yang berbahaya, Virus Corona ini adalah virus yang dapat menular antar manusia yang korbannya tertular akan menularkan orang lain yang ada dihapannya sehingga menjadi sakit dan jika tidak segera ditangani akan menjadi lemah daya tahan tubuhnya dan ada juga yang meninggal dunia.

Dengan adanya virus ini ada pula pemberlakuan untuk tidak berkerumun atau berpegian ketempat tempat yang ramai, kegiatan sholat berjamaah di masjid pun dibatasi karena keramaian dapat mempermudah penyebaran virus tersebut. Dengan adanya perkumpulan atau kerumunan manusia virus tersebut mudah menyebar terlagi dalam ruangan yang tertutup dan sirkulasi udara yang sempit.

Dengan adanya pemberlakuan social distancing dan PSBB yang diadakan oleh pemerintah maka kita sebagai umat Islam dan pendakwah juga harus memilik strategi bagaimana cara kita berdakwah tanpa haru menghadiri kerumunan dan mendatangkan kerumunan, bagaimana pesan-pesan dakwah kita tersampaikan tanpa harus berkerumun.

Memasuki era new normal saat ini seharusnya tidak menghalangi gerakan dakwah. Justru sebaliknya, ini dijadikan kesempatan bagi para dai untuk semakin kreatif dalam berdakwah. Hasil analisis dalam tulisan ini akan menjadi acuan dalam menentukan dan menyusun strategi dakwah dalam menyikapi wabah Covid-19 di era new normal. Jangan dengan adanya virus ini kegiatan dakwah kita menjdi terhambat, karena dakwah merupakan sebuah kewajiban bagi kita sebagai Umat Islam sebagaimana perintah yang telah Allah berikan kepada kita.

Pada masa sebelum terjadi pandemi covid-19, dakwah disampaikan tanpa melalui media dan dilakukan secara langsung dengan bertatap muka antara dai dan mad’u.Sekarang ini, media menjadi paling utama untuk mendapatkan informasi-informasi yang terkait dengan keagamaan. Selama masa pandemi covid-19, dakwah merupakan salah satu cara untuk melakukan perubahan sosial baik secara individu maupun secara kelompok.

Masyarakat membutuhkan bimbingan secara spritual karena sebelumnya banyak beraktivitas yang cukup menguras tenaga dan pikiran sehingga terjadi krisis spiritual. Oleh karena itu, transformasi dakwah di masa pandemi sekerang ini, yang semula hanya dilakukan secara klasik, sekarang berubah menjadi serba berbasi media online.

Bagaimana caranya kita berdakwah dengan mudah di era pandemi ini, sekarang teknologi sudah sngat canggih segala apapun sangat mudah diakses melalui platform apapun, maka tidak ada alasan bagi kita untuk tidak berdakwah selama masa pandemi ini, karena semua sudah serba mudah dan online, salah satunya kita dapat menggunakan aplika youtube kita dapat menhyebarkan dakwah kepada seluruh umat muslim hanya dengan mengunggah sebuah video berisi tentang dakwah yang ingin kita sampaikan, maka dengan begitu kita sudah melakukan kegiatan berdakwah kita, tanpa harus keluar rumah dan berkumpul di majelis tertentu.

Mudah dan juga tidak menyulitkan bagi orang lain.
Tidak hanya dengan youtube ada pula aplikasi seperti instagram, sebagaimana yang kita ketahui aplikasi instagram sudah sangat umum terlebih lagi dikalangan remaja-remaja sekarang ini, siapapun pasti menggunakan instagram.

Dengan aplikasi tersebut kita juga dapat menyebarkan kegiatan dakwah kita, seperti memposting gambar atau video singkat yang berisikan materi materi dakwah yang akan kita sampaikan, terlebih menggunakan gambar-gambar yang menarik dan materi-materi yang ringan sehingga khalayak umum dapat menyukai dan paham terhadap dakwah yang disampaikan tersebut.
Ada pula seperti yang baru kita ketahui sedang marak beredar dimana mana adalah podcast seperti platform siaran semacam radio, dengan podcast tersebut kita juga dapat menyiarkan kegiatan berdakwah kit,seperti mengundang seorang narasumber tertentu untuk membahasa sebuah materi tentang Islam didalamnya, atau materi – materi yang menarik lainnya seputar islam, dengan begitu kita sudah menyiarkan dakwah kita tanpa harus bertemu dan bertatap muka langsung, karena menjaga keamanan penyebaran virus.

Sudah menjadi kewajiban kita semua untuk menyebarkan kebaikan dan ajaran Allah sebagai Umat Muslim tidak ada alasan untuk tidak melakukannya, karena itu sebuah kewajiban jangan hanya perkara ada nya wabah atau virus covid-19 ini kita tidk bisa menyampaikan kebaikan dan kebenaran, karena sudah banyak sekali cara-cara yang dpat dilakukan tidak hanya dengan berdakwah dimajlis namun dengan online pun sekarang sudah bisa, zaman sudah sangat canggih dan sekarang semua sudah menggunakan smartphone dan internet, jangkauannya pun sangat luas.

Kegiatan berdakwah bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja tetapi perlu memerhatikan dan menyesuaikan situasi dan kondisi yang sedang terjadi di masyarakat. Berdakwah bisa dilakukan dimasjid, sekolah, dan bisa dilakukan melalui dunia maya atau media sosial. Berdakwah bisa dengan lisan maupun tulisan. Dakwah bukan hanya tugas juru dakwah atau dai tetapi tugas setiap umat muslim wajib untuk berdakwah dan mengajak manusia kepada cara beragama yang benar.

Berdakwah tidak hanya dalam ceramah dan tulisan, namun juga melakukan riset dakwah guna mengetahui strategi dakwah yang up-to-date. Kemudian, kurikulum Institusi-institusi Agama yang ada di Indonesia juga harus link and match dengan yang sedang terjadi di masyarakat sehingga mahasiswa dapat mengetahui dan memenuhi kebutuhan masyarakat sekarang ini.

Mahasiswa juga harus menguasai teknologi dan informasi serta memiliki networking atau kerjasamayang baik dengan berbagai lembaga guna memudahkannya dalam berdakwah yang lebih efektif pada era new normal ini.

Terlebih sudah banyak sekali media-media yang dapat dijadikan sebagai alat atau pelantara untuk berdakwah tidak seperti zaman dahulu yang hanya bisa kita lakukan ketika sholat berjamaah atau ketika ketika bertemu sesama. Sekarang sudah bisa dilakukan melali smartphone atau handphone.

Maka dari itu sudah ttidak ada alasan untuk kita umat Islam untuk tidak berdakwah, karena berdakwah bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun dengan cara apapun juga, apalagi dengan new era sepeerti ini bukan menjadi hambatan untuk kita berbagi kebaikan atau menyerukan kebaikan kepada khalayak umum, bukan juga menjadikan dakwah sebagai beban yang berat karena didalamnya terdapat pahala yang banyak yang telah Allah janjikan untuk kita karena sudah berdakwah.

Bukan halangan lagi bagi kita di era pandemi ini karena takut berada di kerumunan untuk membuka majlis untuk berdakwah karena melalui online pun dakwah dapat kita lakukan dengan mudah dan aman juga tetap menjaga protokol kesehatan yang ada. Jadi dakwah bukanlah sebuah hambatan melainkan dakwah sebuah kewajiban yang harus kita lakukan selama hidup kita di dunia ini.

** Salsabila Thifal [MG/UIK-Jb]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here