32.6 C
Bogor
Tuesday, May 7, 2024

Buy now

spot_img

Ratusan KPM Desa Ciderum Terima BLT DD

Caringin | Jurnal Inspirasi

Setelah warga Desa Cimande Hilir, kini giliran warga Desa Ciderum, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor yang terlihat rona bahagia di raut wajah  mereka usai keluar dari Kantor Desa Ciderum, Senin (24)5).

Sebab, ratusan warga yang masuk kedalam Keluarga Penerima Manfaat (KPM), sudah menerima bantuan yang bersumber dari pemerintah pusat melalui Dana Desa (DD) sebesar Rp.300.000.

Baharudin, warga Kampung Ciderum RT 03/09 menyatakan, bantuan yang diterimanya sebesar 300 ribu ini, sudah kedua kalinya diterima di tahun 2021.

 “Sebelumnya saat bulan Ramadan saya terima bantuan uang tunai ini,” ungkapnya kepada wartawan usai keluar dari kantor desa.

Menurutnya, saat mengambil uang bantuan, warga diminta membawa kupon undangan yang diberikan petugas dari desa dan KTP serta Kartu Keluarga (KK).

 “Saat mengambil, semua persyaratan dicek satu persatu oleh petugas. Dan tidak bisa diwakilkan saat pengambilan uang,” kata Baharudin.

Baharudin bersyukur, dirinya mendapatkan bantuan dari pemerintah melalui Bantuan Langsung Tunai (BLT) akibat dampak dari Virus Corona.  “Dan hanya bantuan ini yang saya terima,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, untuk di Desa Ciderum umumnya dan di RW 09 khususnya, warga yang mendapat bantuan tidak di minta sedikit pun oleh para pengurus, baik RT, RW maupun pemerintah desa.

 “Jadi bantuan yanga kami terima nilainya utuh tanpa ada potongan sedikit pun,” aku Baharudin.

Baharudin berharap, bantuan uang tunai yang diterimanya, terus ada setiap bulan diberikan Pemerintah Desa (Pemdes) Ciderum. Karena bantuan tersebut sangat dinantikan untuk membantu perekonomian keluarganya.

 “Saya hanya kerja serabutan dan tidak punya penghasilan tetap. Makanya bantuan ini sangat saya harapkan,” imbuhnya.

Sementara, Samsi Rizal, Sekretaris Desa (Sekdes) Ciderum menjelaskan, bantuan yang diterima warga ini bersumber dana dari DD dengan jumlah KPM 168.  “Alhamdulillah pembagian BLT DD tahap satu bulan kedua sudah selesai kami laksanakan,” paparnya.

Rizal menerangkan, saat menyerahkan bantuan uang tunai ini, disaksikan pendamping desa dan pihak pemerintah Kecamatan Caringin. Hal itu, untuk diketahui sejauhmana penyaluran bantuan yang dilakukan desa kepada para KPM.

 “Penyaluran bantuan aman dan tertib sampai selesai,” katanya.

Rizal pun menegaskan, sebelum dilakukan penyaluran bantuan, terlebih dulu warga atau KPM yang datang ke kantor desa diminta untuk mengikuti protokol kesehatan (Prokes), mulai dari mencuci tangan terlebih dulu, menggunakan masker hingga menjaga jarak.

 “Warga mengerti dan semua yang datang mengikuti Prokes sesuai arahan dan perintah kepala desa,” imbuhnya.

Rizal menghimbau, agar warga yang menerima BLT DD dapat memanfaatkan uang tersebut sebaik-baiknya dan untuk kebutuhan keluarga. “Gunakanlah untuk keperluan rumah tangga dan hal positif lainnya,” tukasnya.

** Dede Suhendar

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles