28.8 C
Bogor
Friday, April 19, 2024

Buy now

spot_img

Normalisasi Pipa Caringin Diupayakan Cepat

Bogor | Jurnal Inspirasi

Perbaikan pipa bocor ACP 21 di Jalan Raya Ciawi-Sukabumi Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor tuntas pada Rabu malam (19/5/2021).

Petugas langsung fokus memulihkan sistem pengaliran zona 1 setelah membuka pasokan air dari Sumber Air Tangkil. Proses recovery jaringan ini diupayakan cepat dan efektif agar pasokan air ke pelanggan bisa normal kembali.

Direktur Teknik Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Ardani Yusuf melalui Manager NRW & Transmisi Distribusi Nasrul Zahar mengatakan, proses pemulihan jaringan ini membutuhkan waktu 4-7 hari hingga pasokan kembali pulih.

“Ada pertanyaan dari masyarakat, apakah saat proses pemulihan pasokan air benar-benar mati? Tidak. Karena pasokan air dari Mata Air Tangkil sudah kami buka ketika perbaikan pipa selesai,” ujar Nasrul.

“Tapi air yang ada di dalam pipa itu terhadang udara yang masuk saat proses perbaikan. Nah udara ini yang harus kita buang pelan-pelan,” tambahnya.

Nasrul mengungkapkan, proses pemulihan jaringan di zona 1 berbeda dengan zona-zona lain. Kontur tanah di zona lain cenderung datar sehingga lebih mudah penanganannya.

“Kalau zona 1 itu (kontur tanahnya) berbukit-bukit. Turun naik. Banyak punggungan. Ini agak menyulitkan. Prosesnya bisa 4-7 hari,” jelas dia.

Selama pemulihan, air tetap mengalir ke rumah pelanggan, namun belum benar-benar normal. Untuk itu, Nasrul mengimbau pelanggan untuk segera menampung air saat masuk ke rumah.

“Tidak benar-benar mati, air tetap sampai ke rumah dalam sehari. Tapi belum normal. Kadang mengecil, ada lagi, mati lagi, terus begitu hingga benar-benar pulih,” kata Nasrul.

Tirta Pakuan akan berupaya maksimal mempercepat proses normalisasi. Tirta Pakuan juga akan mengoptimalkan Reservoir Rancamaya dan pompa Intan Pakuan untuk meminimalisir gangguan.

Perusahaan juga telah menyiagakan armada tangki yang siaga di titik-titik terdampak gangguan. Masyarakat bisa menghubungi Call Center 0251-8324111 atau akun media sosial Tirta Pakuan untuk pemesanan tangki gratis.

** ass/rls

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles