25.6 C
Bogor
Saturday, May 4, 2024

Buy now

spot_img

Pascabencana Longsor di Sukajaya, Infrastruktur Hingga Kini Masih Memprihatinkan

Sukajaya | Jurnal Inspirasi

Pada awal 2021 hampir 80 persen wilayah Sukajaya rusak diterjang longsor dan banjir bandang. Namun hingga kini belum ada perbaikan sehingga infrastruktur jalan yang ada disana masih memprihatinkan.

Dari pantauan, selama perjalanan mulai dari pintu masuk Sukajaya, meksipun ada sedikit perbaikan jalan pascabencana, namun masih ada beberapa ruas jalan yang kondisinya cukup parah.

Tidak hanya itu dari pantauan jalan yang diterjang longsor, hingga saat ini masih dibiarkan seperti awal kejadian. Bahkan tanpa ada papan pemberitahuan jalan tersebut longsor, sehingga bebahaya bagi melintasi jalan tersebut ketika malam hari.

Bahakan di ruas jalan yang mengarah Kantor Kecamatan Sukajaya, perbaikan turap, tampak terlihat hanya sekian persen dilakukan pengerjaannya sehingga hal itu menjadi kekhawatiran saat hujan deras mengguyur wilayah tersebut.

Lebih parah lagi Desa Harkatjaya yang juga dari pantauan hingga saat ini kondisi jalanya masih bebatuan.

Padahal pascabencana tahun lalu, lokasi longsor di Harkatjaya pernah dikunjungi Presiden Joko Widodo.

Dan saat kunjungan itu presiden meminta segera ada perbaikan infrastruktur jalan, sarana air bersih bahkan aliran listrik.

Untuk hunian tetap alias Huntap dari data yang dihimpun menurut pihak kecamatan yang sudah rampung itu berada di wilayah Desa Urug.

Seperti diketahui, bencana longsor dan banjir bandang yang terjadi pada awal tahun 2021 itu juga menghantam kecamatan lain yang ada di Bogor Barat seperti Cigudeg dan Nanggung hingga wilayah Jasinga. Akibat bencana itu ponpes dan beberapa rumah rusak. Dalam kejadian tersebut juga ada beberapa korban jiwa.

** Cepi Kurniawan

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles