Tanyakan Uang Kerohiman, Puluhan Warga Geruduk Kantor Desa Nambo

0

Klapanunggal | Jurnal Inspirasi

Puluhan warga mendatangi kantor Desa Nambo, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor beredar di video, Rabu (21/04/2021). Mereka menanyakan kejelasan uang kerohiman yang didapat dari PT. Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI).

Kepala Desa (Kades) Nambo, Nanang menjelaskan, kedatangan puluhan warga secara serentak ke Kantor Desa untuk menanyakan uang kerohiman pasca kejadian bocornya bau limbah perusahaan B3. “Benar warga datang ke kantor untuk menanyakan terkait kompensasi dari PPLI sebesar 310 juta,” jelas Nanang saat ditemui di kantornya.

Menurutnya, pihak perusahaan menyerahkan uang kerohiman tersebut kepada lingkungan untuk dikelola seperti apa baiknya. “Pihak perusahaan menyerahkan pada lingkungan, kemudian melalui musyawarah lingkungan bersama perangkat desa, akhirnya didapat kesepakatan untuk pembelian sarana umum, seperti kendaraan, fogging, tabung oksigen, alat kesehatan lah, karena ada manfaatnya untuk masyarakat,” jelas Nanang.

Dengan uang sebesar 310 juta, lanjut Nanang, Pemerintah Desa merasa kebingungan untuk pembagian uang kerohiman tersebut. Dengan jumlah penduduk Desa Nambo yang sampai puluhan ribu. “Kami khawatir jika dibagikan takut-takut salah membagikan nanti salah lagi,” tandasnya.

“Saya bertanggung jawab selaku Kades menghadapi masyarakat untuk memberikan penjelasan secara detail, intinya hal itu hanya miskomunikasi, dan pembelian alat itu untuk umum bukan untuk kelompok, jadi siapa saja yang ingin memanfaatkannya, silakan saja kita serahkan ke warga,” ujarnya.

Menurut Nanang, sebelum disepakatinya pembelian alat kesehatan, ada pula beberapa kelompok yang mengajukan alat lain seperti mesin jahit, tapi pihak desa mempertimbangkan dan manfaatnya.

“Alat kesehatan yang dimaksud berupa mobil untuk dijadikan mobil siaga, fogging juga oksigen, semua alat itu sudah dibelanjakan oleh Desa Nambo. Sudah dibeli, secepatnya nanti akan dilakukan penyerahan sekaligus publikasinya,” pungkasnya.

** Nay Nur’ain

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here