27.7 C
Bogor
Friday, April 26, 2024

Buy now

spot_img

Proyek P3TGAI DI Cilimus Bantu Pasokan Air Petani di Dua Desa

Ciawi | Jurnal Inspirasi

Petani di dua desa, yakni Desa Cileungsi Kecamatan Ciawi dan Desa Ciderum, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, bersyukur dengan adanya pembangunan saluran air Daerah Irigasi (DI) Cilimus dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Proyek yang merupakan realisasi Padat Karya Tunai (PKT) melalui Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) yang dilaksanakan Balai Besar atau Balai Wilayah Sungai Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air itu, untuk mengaliri puluhan hektar area sawah di Desa Cileungsi dan Desa Ciderum.

Asordili, warga Desa Cileungsi mengaku terbantu dengan adanya proyek pembangunan saluran irigasi yang ada di wilayahnya tersebut. “Lahan sawah saya tidak akan lagi kekurangan pasokan air. Karena saluran irigasinya sedang diperbaiki,” akunya kepada wartawan.

Menurutnya, selama ini untuk mengaliri area sawah miliknya, sering kesulitan air. Lantaran, tersumbatnya saluran irigasi di DI Cilimus sebagai hulu dari pengairan semua lahan sawah warga yang ada di Kampung Ciherang Gede, Desa Cileungsi maupun warga Desa Ciderum.

 “Jadi bukan saja saya yang merasa terbantu, petani atau warga Desa Ciderum pun merasa terbantu setelah adanya pembangunan saluran irigasi yang dikerjakan Kelompok Putera Pangrango Ciherang,” papar Asordili.

H. Ujang, petani di Desa Ciderum pun mengapresiasi adanya proyek pembangunan saluran irigasi di Desa Cileungsi tersebut.  “Irigasi yang sekarang sedang dibangun, manfaatnya bukan hanya dinikmati petani atau warga Desa Cileungsi saja. Saya pun merasakan manfaatnya,” jelasnya.

Ia berharap, setelah adanya pembangunan irigasi, area sawah yang sebelumnya sulit mendapatkan pasokan air, bisa teratasi dan tidak lagi ada petani yang gagal panen.  “Mudah-mudahan panen yang akan datang, hasil padi di sawah saya lebih meningkat lagi,” imbuhnya.

Ketua Kelompok Putera Pangrango Ciherang, sebagai pelaksana kegiatan P3TGAI DI Cilimus, Desa Cileungsi, Kecamatan Ciawi, Entis Sutisna menjelaskan, proyek yang dilaksanakan pihaknya merupakan program dari Balai Besar atau Balai Wilayah Sungai  (Ditjen) Sumber Daya Air.

“Inikan program PKT, jadi untuk pekerjanya juga warga setempat dan melibatkan para petani. Target saya pengerjaan selesai secepatnya agar bisa langsung dinikmati wargaw,” ujarnya.

Tujuan dari proyek P3TGAI, lanjut Entis, agar warga terutama petani yang memiliki lahan sawah di dua desa, tidak kesulitan mendapatkan pasokan air. “Makanya saya bangun irigasi ini, karena manfaatnya sangat dirasakan para petani. Bukan hanya petani di Desa Cileungsi saja, tapi juga petani Desa Ciderum,” jelasnya.

Adapun terkait untuk pelaksanaan pengerjaan, lanjutnya, sudah ditentukan oleh Balai Besar. Sehingga, dalam melaksanakan pembangunannya merujuk kepada juklak dan juknis yang sudah ditentukan. “Harapan saya, adanya pembangunan saluran irigasi ini, bisa meningkatkan perekonomian warga atau petani. Terlebih ditengah pandemi Covid-19 saat ini, warga sangat kesulitan ekonomi,” tukasnya.

** Dede Suhendar

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles