30.4 C
Bogor
Monday, May 20, 2024

Buy now

spot_img

JBB Cucurak di Situs Cibalay

Tenjolaya | Jurnal Inspirasi

Jelang bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah, Jurnalis Bogor Barat (JBB) menggelar Cucurak Camping Budaya di situs Cibalay. Cucurak merupakan tradisi sambut bulan puasa yang dilakukan oleh umat muslim yang berada di daerah Bogor.

Tradisi ini juga dilakukan oleh para Jurnalis yang tergabung dalam JBB, Kabupaten Bogor dengan tema ‘Cucurak Camping budaya pada 2-4 April 2021. “Sebelum bulan puasa tiba, dengan menggelar Cucurak kegiatan dengan makanan menu-menu yang sederhana seperti nasi, lauk, sayur dan sambal disajikan diatas daun pisang, para jurnalis juga lakukan lomba Vlogger dan Youtube tentang budaya peninggalan sejarah yang ada di situs Cibalay,” ujar Iman Mande, ketua JBB, baru-baru ini.

Iman mande mengatakan, Cucurak berasal dari kata curak-curak yang diartikan dengan kesenangan atau suka-suka. Dalam adat Sunda, Cucurak lebih sering dilakukan untuk menyambut datangnya Ramadhan. “Niat menyambut Ramadhan juga sebagai sarana silaturahmi dan momen memaafkan, Cucurak juga merupakan bentuk rasa syukur dan saling berbagi terhadap rezeki yang telah diberikan Tuhan kepada kita,” paparnya.

Iman Mande juga membeberkan anggota JBB melakukan beberapa kegiatan menarik untuk menambah keseruan acara. “Adapun kegiatan acara lomba Vlog dan YouTube ini salah satu bentuk kepedulian jurnalis untuk menyuguhkan informasi melalui berita kepada masyarakat tentang budaya sejarah yang ada di situs Cibalay kepada warga Bogor dan di luar Bogor,” pungkasnya.

** Cepi Kurniawan

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles