Begini Upaya GMKB Kenalkan Kaulinan Sunda

0

Bogor | Jurnal Inspirasi

Gerakan Masyarakat Kota Bogor (GMKB) dan Paguyuban Tarikolot gelar jalan santai budaya lintas alam. Kegiatan tersebut adalah upaya mempelopori Kampung Tarikolot sebagai salah satu kampung tematik wisata budaya kaulinan sunda.

Seperti diketahui, meskipun Kota Bogor adalah kota berbasis suku Sunda, namun sudah sangat jarang ditemui anak-anak yang berinteraksi dengan budaya kaulinan Sunda.

Kegiatan jalan santai itu juga bertujuan untuk mengeksplor alam wilayah Ciluar Bogor Utara yang merupakan sisi terluar Kota Bogor.

Ketua Umum GMKB Ridho mengatakan, hal itu dimaksudkan untuk menarik minat masyarakat para wisatawan datang ke kesana . “Setelah acara jalan santai kita menyaksikan permainan kaulinan Sunda yg dimainkan anak anak setempat,” kata Ridho.

Disamping itu lanjut Ridho, melalui kegiatan itu juga membantu UKM. Karena dalam kegiatan tersebut ada beberapa UKM yang menjual produk warga setempat seperti kripik singkong, gulasi, sirup bakul, pia dan sebagainya.

“Yang, uniknya alat tukar nya adalah dengan kepingan bambu yang diberi nilai. Sebelumnya kita tukar kan uang kita dengan kepingan bambu,” ujarnya.

Acara tersebut cukup sukses, karena dihadiri oleh Kasi Promosi Wisata Nina yang merupakan perwakilan Dinas Pariwisata. Selain itu juga turut dihadiri Kasi Budaya Dian Sudiono dan Anggota DPRD Kota Bogor H Akhmad Saiful Bakhri.

“Kedepan kita rencanakan untuk mengadakan festival budaya kaulinan Sunda antar keluarahan. Ini idenya pa ASB kampung budaya kaulinan sunda. beliau sangat suport,” pungkasnya.

** Fredy Kristianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here