27.2 C
Bogor
Friday, April 19, 2024

Buy now

spot_img

Kasus Asabri, Ada Duit Mengalir ke Petinggi Sriwijaya Air

Jakarta | Jurnal Inspirasi

Kejaksaan Agung mengusut sejumlah transaksi terkait kasus dugaan korupsi PT Asabri (Persero) yang mengalir ke petinggi Sriwijaya Air. Direktur Penyidikan pada Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus), Febrie Adriansyah mengatakan hal tersebut menjadi alasan penyidik memeriksa CEO Sriwijaya Air, Chandra Lie pada Selasa (9/3).

“Ada transaksi yang dicek penyidik. Ada transaksi berarti adalah keluar masuk uang itu pasti ada,” kata Febrie, Rabu (10/3).

Namun demikian, Febrie belum dapat menuturkan lebih lanjut mengenai transaksi tersebut untuk kepentingan apa. Dia hanya menerangkan bahwa aliran dana tersebut masuk ke kantong Chandra secara pribadi, sehingga tak melibatkan perusahaan. “Personnya ke perorangannya,” tambah dia.

Selain Chandra, penyidik juga memeriksa saksi lain yakni anak tersangka Ilham W Siregar berisial IMS, kemudian Direktur PT Evergreen Sekuritas, NS; Kepala Divisi Kepatuhan dan Hukum PT. ASABRI, BS; Direktur Utama PT. Strategic Management Service, ABS; Asisten Piter Rasiman sejak tahun 2005 s/d 2020, MM; Direktur Utama PT OSO Manajemen Investasi, RO.

“Pemeriksaan saksi dilakukan guna mencari fakta hukum dan mengumpulkan alat bukti tentang tindak pidana korupsi yang terjadi pada PT Asabri,” kata Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak melalui keterangan tertulis, Selasa (9/3).

Dalam kasus ASABRI, setidaknya ada 9 orang yang sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik. Para tersangka diduga bersepakat memainkan harga saham Asabri dan perusahaan-perusahaan swasta yang terlibat. Perusahaan ini diduga telah dikorup dalam periode 2013-2019. Termasuk, para direksi perusahaan turut terlibat dalam kasus ini.

** ass/cnn

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles