Usai Ikut Bimtek, Elly Minta Disperindag Lakukan Evaluasi Perkembangan IKM

0

Cisarua | Jurnal Inspirasi

Anggota DPR RI Fraksi PPP, Elly Rachmat Yasin, meminta agar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Bogor, melakukan evaluasi terhadap para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) yang sudah mengikuti pelatihan Bimbingan Teknis (Bimtek) ke wirausaha melalui program Kementerian Perindustrian.

 “Evaluasi itu untuk mengetahui sejauh mana progres usaha yang digeluti para IKM di 40 kecamatan Kabupaten Bogor, paska mengikuti Bimtek,” kata Elly kepada wartawan usai membuka Bimtek terhadap 60 peserta Wirausaha Baru (WUB) IKM tahun 2021, di Rizen Premiere Hotel di Kecamatan Cisarua, Senin (8/3).

Menurutnya, sudah dua tahun berjalan kegiatan pelatihan terhadap pelaku usaha IKM di Kabupaten Bogor dilaksanakan Kementerian Perindustrian. Bimtek itu dilakukan, untuk membantu warga terutama pelaku usaha agar mendapatkan ilmu sesuai dengan bidang masing-masing.

 “Saya sangat peduli terhadap keberadaan IKM yang ada di Kabupaten Bogor. Kebetulan komisi saya membidangi IKM dan UMKM. Makanya agar pelaku usaha kecil berkembang, perlu diberikan ilmu dengan mengikuti Bimtek ini,” ujar anggota DPR RI Komisi VI tersebut.

Elly menjelaskan, ada yang berbeda dari kegiatan Bimtek sekarang. Sebab, tahun ini para peserta yang terdiri dari pelaku IKM tata boga, pengrajin daur ulang koran dan pelaku usaha counter handphone, tidak hanya mendapatkan ilmu, tetapi berikut juga mendapatkan bantuan alat-alat usaha.

 “Kalau tahun lalu peserta hanya diberikan pelatihan saja, sekarang peserta mendapatkan ilmu dan juga diberikan alat untuk usahanya,” ungkapnya.

Terkait kesulitan pelaku usaha kecil dalam memasarkan produk kerajinan nya, Elly berharap peran serta pemerintah daerah (Pemda) agar setiap hasil prodak para pelaku usaha IKM atau UMKM, dapat masuk ke pasar modern.

 “Tapi yang saya tahu sekarang sudah banyak prodak dari UMKM atau IKM masuk ke pusat perbelanjaan modern, seperti Aeon, mall dan pusat belanja modern lainnya. Termasuk juga ke minimarket Alfamart maupun Indomaret,” paparnya.

Kepala Disperindag Kabupaten Bogor, Nuradi menyatakan rasa terima kasih kepada anggota DPR RI Komisi VI Fraksi PPP yang sudah memberikan kegiatan pelatihan melalui program Kementerian Perindustrian tersebut.

 “Ini sangat membantu para pelaku IKM di Kabupaten Bogor. Saya harapkan dengan Bimtek ini, pelaku IKM semakin maju dan berkembang, sehingga bisa meningkatkan perekonomian mereka,” ucapnya.

Nuradi pun akan terus melakukan monitoring terhadap para IKM yang sudah mengikuti pelatihan ini.  “Tentu kami di dinas akan mengevaluasi progres perkembangan para IKM itu,” tegasnya.

Sementara, Ketua Forum IKM dan UMKM Kabupaten Bogor, Haekal Hasan mengapresiasi kepedulian wakil rakyat pusat yang sudah membantu para IKM mendapatkan ilmu di bidang masing-masing. “Semoga IKM dan UMKM di Kabupaten Bogor semakin berinovasi lagi dalam membuat prodak kerajinan nya,” tukasnya.

** Dede Suhendar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here