Tingkatkan Kewirausahaan, Forum UMKM Gelar Pembinaan

0

Nanggung l Jurnal Inspirasi

Forum Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kecamatan Nanggung berupaya meningkatkan perekonomian melalui program UMKM agar bisa tumbuh dan berkembang melakukan sosialisasi dan pembinaan bagi para pelaku UMKM.

“Sosialisasi ini dilakukan agar ada pemahaman masyarakat bisa mengetahui tentang tatacara dalam produk UMKM yang telah dianjurkan pemerintah,” ujar Ketua Forum UMKM Kecamatan Nanggung Bukhori Muslim kepada wartawan, Kamis (4/3).

Kegiatan sosialisasi  ini kata dia berlangsung di aula Kantor Desa Parakanmuncang sekaligus untuk mengetahui para pelaku usaha se- Kecamatan Nanggung. Menurutnya, untuk mengetahui jumlah pelaku UMKM maka itu sosialisasi tersebut dilakukan di setiap Desa. ” Ada 138 pelaku UMKM di Desa Parakanmuncang yang sudah terdata,” katanya.

Bukhori menjelaskan, tujuan dari pembinaan dan sosialisasi ini dilakukan tentu untuk meningkatkan semangat kewirausahaan agar para pelaku UMKM mendapat pengetahuan bagaiamana cara menjadi pelaku usaha yang baik. Terlebih dalam hal promosi produk yang dihasilkan agar produk tersebut bisa diterima. “Agar memiliki daya saing dan terus tumbuh berkembang,” imbuhnya.

Bagi para pelaku UMKM, jelasnya tentu saja bisa berinovasi dan berkembang serta bisa bisa bersaing di pasar bebas. “Kami harap di setiap desa memiliki produk unggulan agar bisa dipasarkan hingga skala nasional,” harapnya.

Ia menyebutkan, untuk menampung dan memudahkan akses bagi kebutuhan bagi para pelaku UMKM pihaknya akan mengadakan koperasi. “Ini untuk memudahkan dan menjadikan daya tampung hasil produk kedepan kita buatkan koperasi,” tukasnya.

** Arip Ekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here