30.6 C
Bogor
Thursday, May 2, 2024

Buy now

spot_img

Dibantu BPBD, 5 Rumah Korban Bencana Alam di Batutulis Langsung Dibangun

Nanggung l Jurnal Inspirasi

Lima rumah warga Desa Batutulis, Kecamatan Nanggung  yang terkena dampak bencana alam tanah longsor dan angin puting beliung kini dibangun. Bantuan rehabilitasi rumah bagi warga korban itu dating dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor.

Ketua Pelaksana Kegiatan Erwin Jamaludin menerangkan, warga yang mendapat bantuan tersebut yakni  Lilis (25) warga Kampung Pasirgintung RT 03 RW 04; Ipip (35) dan Yadi (38), warga asal Kampung Cibokor RT05 RW 06; Utang (50) Kampung Cipetir RT 01 RW 06 dan Suhayani (62), warga Pondok Bujang RT 01 RW07.

Sementara warga korban bencana tersebut atas nama Utang sebelumnya hancur akibat diterjang longsor yang terjadi pada awal Januari 2020.  Lalu keempat rumah lainnya mengalami kerusakan akibat bencana alam sekitar September hingga  Oktober.

Erwin Jamaludin menyatakan, bantuan perorangan berupa rehab rumah langsung bagi korban bencana alam ini sejatinya sejak dulu sangat dinanti oleh masyarakat Batutulis yang menjadi korban bencana. “Baru sekarang ini, baik tanah longsor maupun musibah angin puting beliung kini rumahnya langsung diperbaiki,” kata Erwin kepada Jurnal Bogor, Kamis (8/1).

Mereka mendapat bantuan berupa uang mulai  dari Rp 7.500.000 hingga Rp15.000.000. Besaran bantuannya tidak sama, tergantung dilihat pada kerusakan ringan atau berat.

Erwin Jamaludin yang akbrab disapa Boni mengaku mendukug kebijakan Pemkab Bogor untuk memberikan bantuan rehab rumah langsung kepada masyarakat yang rumahnya terkena bencaña alam. ” Ditengah sulit ekonomi, warga sangat terbantu dengan adanya bantuan sosial rehab rumah dari BPBD,” akunya.

“Kalau tidak dibantu pemerintah masyarakat mau dari mana, apalagi ditengah wabah Covid- 19 yang masih berlangsung otomatis berdampak ekonomi masyarakat menjadi sulit. Bantuan ini memang sangat diharapkan oleh masyarakat pasca bencana alam,” ujar Erwin.

Salah satu warga korban, Lilis mengaku bersyukur atas bantuan dari BPBD untuk perbaikan rumahnya, begitu juga Ipip, pihaknya langsung belanja bahan material setelah pencairan yang diambil di kantor pos setempat. ” Bantuan untuk rehabilitasi rumah ini akan kami gunakan sebaik mungkin,” pungkasnya.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles