33.7 C
Bogor
Thursday, April 18, 2024

Buy now

spot_img

Proyek DPT Jalan Cigombong Dinilai Rawan Amblas

Cigombong | Jurnal Bogor

Pembangunan Dinding Penahan Tebing (DPT) di ruas Jalan Cigombong-Palasari batas Kota Bogor, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor disoal. Sebab, proyek yang dikerjakan CV Purnabri dengan biaya dari Anggaran Pengeluaran Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bogor, sebesar 853 juta lebih itu, dinilai rawan amblas.

Sudrajat, pengguna jalan saat melintas di lokasi pembangunan DPT menilai, proyek yang dikerjakan CV Purnabri dengan Konsultan Pengawas PT Winaguna Sarana Teknik, rawan amblas. Itu karena, pihak pelaksana menggunakan bahan material tanah untuk pemadatan.

 “Kalau padat sih tidak terlalu kuatir amblas, tapi ini terlihat asal saja,” ungkapnya kepada wartawan.

Harusnya, lanjut Sudrajat, pihak pelaksana memperhatikan kualitas pengerjaan, karena yang dikerjakan itu DPT dengan ketinggian cukup tinggi.

 “Bila pengerjaan nya asal, takutnya DPT yang sudah dibangun ambruk dan menimbun rumah warga,” papar warga Cimande tersebut.

Sudrajat menyayangkan dengan tidak adanya teguran dari konsultan pengawas selaku pengawas dalam pelaksanaan proyek yang dikerjakan selama 100 hari kalender itu.

 “Jika itu membahayakan dan merugikan banyak orang, tugas pengawas menegur pelaksana,” imbuhnya.

Sementara, saat ke lokasi proyek pembangunan DPT, tidak ada satu pun pekerja yang sedang melaksanakan pengerjaan. Bahkan, bahan material proyek pun masih berserakan di sekitar bahu jalan alternatif menuju Kota Bogor tersebut.

** Dede Suhendar

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles