27.2 C
Bogor
Saturday, April 27, 2024

Buy now

spot_img

Terapkan Teknik Budidaya yang Baik, Petani Ubi Ungu Cipeucang Berbuah Manis

Pandeglang | Jurnal Inspirasi

Penerapan teknik budidaya yang baik oleh petani ubi ungu  di Desa Curug Barang, Kecamatan Cipeucang, Kabupaten Pandeglang, Banten berbuah manis. H. Muhammad Rosihan Anwar, Ketua gabungan kelompok tani (Gapoktan) Curug Barang Indah mengatakan, pada panen kedua musim tanam tahun ini, hasil panen ubi ungu gapoktannya meningkat. Bila  panen sebelumnya  menghasilkan 5 – 10 ton/ha, panen kedua ini  menghasilkan 10 – 25 ton/ha.

“Bersyukur, panen ubi ungu pada panen kedua ini hasilnya meningkat. Per batang bisa menghasilkan 1 – 1,5 kg, sehingga satu hektar bisa 10 – 25 ton, “ ucapnya.

Rosihan Anwar mengatakan, pada tanam kedua ini relatif tidak menemukan kendala, selain ada sedikit penurunan harga. Namun dengan hasil ini, ia bersama kelompok yakin pendapatannya  akan meningkatkan ekonominya.

Koordinator Model BPP Kostratani Kecamatan Cipeucang  Yoyoh Rachmatunnisa menjelaskan, hasil yang baik diperoleh petani karena teknik budidaya yang semakin baik. Sehingga serangan hama bisa dikendalikan, sementara musim sebelumnya ada serangan lanas pada ubi.

“Pada musim yang lalu kebetulan musim kemarau, biasanya hama lanas banyak menyerang di musim kemarau. Musim ini Alhamdulillah tidak,“ ujarnya.

Selama empat bulan, Gapoktan Curug Barang Indah menanam ubi ungu di lahan seluas tiga hektar dan baru dipanen dua hektar. Dalam proses penanaman hingga panen, gapoktan didampingi penyuluh dari model Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Kostratani Kecamatan Cipeucang.

Yoyoh menuturkan untuk menghindarkan tanaman ubi ungu dari lanas, dimulai dari pemilihan bibit yang baik, sanitasi lahan dan pembumbunan guludan agar guludan tidak merekah. Tanah yang merekah disukai hama lanas (boleng).

Mengenai umur panen, menurutnya untuk hasil maksimal sebaiknya ubi ungu dipanen setelah umur empat bulan.

Dalam gerakan pencanangan diversifikasi pangan, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo menyampaikan diversifikasi pangan harus dimulai dengan membangun mindset bahwa kenyang tidak harus makan nasi. Penguatan pangan lokal sangat penting mengingat sektor pertanian khususnya subsektor tanaman pangan saat ini menjadi pengungkit utama pertumbuhan perekonomian.

Hal senada diungkapkan Dedi Nursyamsi Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian. Katanya pangan lokal berkaitan erat dengan budaya lokal.

Pangan lokal Indonesia kaya karbohidrat dan bisa menjadi pengganti beras. Jenisnya banyak, ada ubi kayu, ubi jalar, pisang, jagung, labu kuning, sukun, ganyong, sagu, gembili, empon-empon, umbi garut, talas, gadung, dan masih banyak lagi. Pangan lokal ini yang harus dikembangkan terus.

**Regi/PPMKP

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles