28.8 C
Bogor
Saturday, April 20, 2024

Buy now

spot_img

Ekspresi Peserta Khitanan Massal, Bakti Sosial Hari Tani Nasional di PPMKP

Ciawi | Jurnal Inspirasi

Beragam ekspresi dan reaksi ditunjukan anak saat akan dikhitan. Disaat merasakan takut dan ngeri akan dikhitan tak jarang ekspresi unik  mengundang tawa pun muncul.  “Dokter buruan, saya nggak mau pake laser. Terus ditanya dokter, terus maunya pake apa khitannya?  sambil terus terisak, anak tersebut menyebut nama sebuah benda yang membuat orang yang hadir tertawa,” kisah Feri Haky, dokter klinik kesehatan Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) yang menangani khitanan.

Hal itu terjadi saat sebanyak 10 orang anak menjalani khitan dalam acara bakti sosial Khitanan Massal yang digelar PPMKP Ciawi Bogor, Rabu (30/9).

Ada juga beberapa anak yang usianya sekitar dua  tahunan tapi saat akan dikhitan dan waktu di suntik anestesi tidak ada reaksi sama sekali sampai selesai di khitan. Ada pula yang menolak masuk ruang khitan karena mendengar suara tangis anak lain yang dikhitan lebih dulu. 

Acara tersebut merupakan lanjutan rangkaian kegiatan peringatan Hari Tani Nasional tahun 2020 yang dilaksanakan sama seperti sepekan sebelumnya. Selain khitanan massal,  60 yatim dan dhuafa mendapat santunan berupa uang tunai dan bingkisan, Usia anak yang di khitan bervariasi dari satu tahun hingga enam tahun.

 “Ini momen keprihatinan bagi kita untuk tetap berbagi di tengah pandemik. Para orang tua yang anaknya dikhitan sangat bersyukur dan berterimakasih.  Di tengah pandemi dengan keterbatasan ekonomi mereka mendapatkan fasilitas dari PPMKP berupa khitanan gratis dan santunan, “ ujar Feri Haky.

Turut menyaksikan kegiatan Kepala PPMKP Yusral Tahir yang juga Pembina DKM Alhuda PPMKP. Yusral  berpesan agar anak – anak yang sudah dikhitan menjadi anak soleh, berbakti pada orangtuanya dan kelak menjadi orang yang sukses.

“Patuhi nasihat orang tua yang masih ada dan yang utama jaga sholatnya. Rajin belajar dan jangan ada kata menyerah,“ pesannya.

Ia pun berharap kegiatan bakti sosial ini menjadi amal soleh dan pemberat timbangan kebaikan kita semua. Kegiatan melibatkan Dharma Wanita Persatuan (DWP) PPMKP,  ikut hadir Ketua DWP PPMKP Sari Dewi Harahap dan pengurus DKM Al Huda PPMKP. Acara berjalan lancar dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan di tengah wabah Covid 19.

Regi/PPMKP

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles