33.7 C
Bogor
Tuesday, May 7, 2024

Buy now

spot_img

Kejaksaan Awasi Desa Gunakan Anggaran Saat Pandemi

Cibungbulang | Jurnal Inspirasi
Sebanyak 50 kepala Desa dari empat kecamatan mengikuti monitoring pembinaan dan penyelenggaraan pembangunan yang bersumber dari dana desa. Bahkan, Apdesi Kabupaten Bogor bekerjsama dengan kejaksaan sebagai pengawasan penggunaannya agar tidak ada penyelewangan.

“Kalau kegiatan ini berkaitan penyaluran bantuan langsung dari dana desa sebesar 40 persen tahap kedua, dan semoga di 4 kecamatan tak ada masalah ketika pengunaan anggarannya,” kata Ketua Tim 5 DPMD Kabupaten Bogor Ike Selviany, kemarin.

Bahkan, ia menjelaskan, pihaknya pun terus mengingkatkan ke semua kepala desa jangan sampai ada kesalahan dan menghimbau ada dukungan masyarakat sekitar ketika penggunaaan anggaran secara transparan.

Ia menjelaskan, ini sifatnya pembinaan belum sampai ke pemeriksaan dan ketika ada kegiatan reguler ada tim lagi, dan hanya membina dan menerima laporan.

“Intinya pada saat desa melaksanakan kegiatan sudah jelas dan tak ada kesalahan. Kita akan pantau ke desa juga, sejauh ini berharap bisa baik-baik saja, dan mampu bekerja sesuai tugasnya. Kalau ada informasi langsung ditindaklanjutinya,” tegasnya

Ia melanjutkan saat pandemi pihak desa silakan memanfaatkan dana desa untuk penanganan Covid-19. Namun jika memang di desa tersebut sudah lepas dari Covid untuk penggunaan anggaran pembangunan tak masalah atau pun sebaliknya. Namun harus dengan laporan yang bisa dipertanggung jawabkan nanti.

“Intinya semua dari pusat, selama dibutuhkan untuk pandemi bisa leluasa, dan ketika sudah tertangani bisa dialihkan kembali sesuai kebutuhan dilingkungan masyarakat,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Apdesi Kecamatan Cibungbulang Subhan mengaku, dengan adanya monitoring dan pembinaan dari kejaksaan, salah satu ide dengan tujuan agar berbagai kegiatan bisa terkontrol dengan baik.

“Justru dengan adanya ini bisa memantau kondisi kebijakan di lapangan tingkat desa, makanya kita bekerjasama dengan kejaksaan. Supaya ketika melaksanakan kegiatan bisa lebih terstruktur dan transparan,” pungkasnya.

** Cepi Kurniawan

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles