25.5 C
Bogor
Friday, April 26, 2024

Buy now

spot_img

Warga Cicadas Temukan Ranjau Darat

Ciampea | Jurnal Inspirasi
Warga Desa Cicadas, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, digegerkan dengan penemuan ranjau darat di sekitar sawah. Ranjau itu ditemukan Selasa (9/6) pagi. Ketua RT setempat, Juhendi yang menemukan ranjau itu sempat mengira benda tersebut merupakan barbel. Bahkan dia sempat mencuci ranjau tersebut.

“Saya kira bekas kaleng atau barbel. Ternyata habis saya cuci itu ada tulisan TNT 17 dan orang-orang bilang ranjau,” kata Juhendi (45) kepada wartawan.

Juhendi menjelaskan, ketika pertama kali ditemukan, ranjau itu berada dalam galian tanah. Lokasi galian itu dulunya merupakan sawah dan perkebunan namun kini sudah diratakan. “Sekarang diratakan, di lokasi ada galian tanah. Untungnya tidak kena traktor yang sedang menggali,” jelas dia.

Setelah memastikan benda tersebut merupakan ranjau, Juhendi langsung melapor ke perangkat desa dan polisi. Ia mengaku penemuan ranjau ini merupakan kali pertama di Desa Cicadas. “Waktu ditemukan saya lapor langsung ke Babinsa,” ucapnya.

Setelah mendapat laporan, anggota polisi dan Gegana langsung menuju ke lokasi penemuan ranjau itu. Berdasarkan hasil pemeriksaan, diduga ranjau itu bekas peninggalan zaman pendudukan Jepang. Benda yang diduga ranjau  bertuliskan TNT 17 itu Tim Gegana Polda Jawa Barat sudah membawa ranjau darat setelah dilakukan penjinakan selama 10 menit .

Kedatangan tim Gegana Polda Jawa Barat ke lokasi penemuan ranjau darat pada pukul 08.30 WIB dengan gabungan dari Polsek Ciampea dan Koramil Ciampea beserta Pemdes Cicadas. Kapolsek Ciampea Kompol Anak Agung Raka menjelaskan, bahwa penemuan ranjau darat tersebut memang masih aktif. Namun sudah dilakukan penjinakan oleh tim Gegana.

“Penjinakan sudah oleh tim Gegana Polda Jawa Barat selama 10 menit, karena menurut penuturan Babinsa memang ranjau tersebut awalnya masih aktif,” ucapnya kepada wartawan koran ini kemarin.

Lebih lanjut ia menuturkan, selanjutnya ranjau tersebut dibawa oleh tim Gegana Polda Jawa Barat dan melaporkan langsung ke Kapolres Bogor perihal penemuan benda tersebut. “Sudah dibawa, yang jelas lokasi penemuan pun sudah disterilkan dari aktivitas warga, karena lokasinya pun berada dibawah tepatnya di belakang rumah warga,” tegasnya.

** Cepi Kurniawan

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles