PSBB Proporsional, Hotel dan Mall Boleh Buka

0

Bogor | Jurnal Inspirasi
Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor memutuskan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Proporsiolal selama satu bulan kedepan. Dalam fase tersebut hotel dan mall mulai diperbolehkan untuk buka.

Walikota Bogor, Bima Arya mengatakan, pembukaan mall dan hotel akan dilihat berdasarkan protokol kesehatan yang diterapkan. Sehingga apabila terjadi pelanggaran, penutupan bakal dilakukan oleh pemerintah. “Kalau ada pelanggaran kita tutup. Sama kayak rumah makan, kalau disiplin tetap jalan, bila ada pelanggaran kami tutup,” ujar Bima kepada wartawan, Kamis (4/6).

Nantinya, kata Bima, protokol kesehatan bagi mall akan dicantumkan dalam Peraturan Walikota (Perwali) untuk dijadikan acuan mereka menerapkan protokol tersebut. Dalam PSBB Proposional tersebut, Pemerintah Provinsi Jawa Barat membagi tiga zona yaitu zona merah untuk daerah penyebaran Covid-19, tertinggi, zona kuning untuk daerah penyebaran Covid-19 landai dan zona biru untuk daerah penyebaran Covid-19 sangat landai.

Bima mengatakan PSBB Proporsional itu bukan istilah baru, sebab pada PSBB ketiga Kota Bogor, dan masuk zona kuning dan itu sudah proporsional. Atas dasar itu, beberapa bidang bisa dibuka sekian persen dan itulah yang menjadi landasan Pemkot Bogor. “Kalau PSBB diawal kan semua tidak boleh, tapi belum juga semua boleh, jadi antara semua tidak boleh dan semua boleh ada transisi,” paparnya.

Bima mengatakan, fase transisi tersebut dia sampaikan minggu lalu dan berakhir hari ini (kemarin, red). “Jadi mana yang akan dibuka kita tunggu keputusan dari provinsi,” jelasnya.

Kendati hotel dan mall dilerbolehkan buka, namun untuk objek wisata akan paling akhir dibuka. Hal itu lantaran selama Jakarta masih dalam status ketat, dikhawatirkan Kota Bogor akan mendapatkan arus wisatawan yang sangat padat.”Jadi saya kira tempat wisata belum dalam waktu dekat tetapi kegiatan di hotel dan mall akan mungkin dibuka secara bertahap tapi waktunya belum bisa diputuskan,” paparnya.

n Fredy Kristianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here