29.6 C
Bogor
Thursday, June 13, 2024

Buy now

spot_img

Gedung Perkantoran Disemprot Disinfektan

Cibinong|Jurnal Inspirasi

Upaya tanggap mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 dilakukan Dinas Lingkungan Hidup (DLH), dengan  melakukan  penyemprotan cairan disinfektan ke sejumlah gedung perkantoran pemerintah dan ruas Jalan Tegar Beriman, Kecamatan Cibinong, Senin (23/03).

Pelaksana tugas  (Plt) Kepala DLH Kabupaten Bogor, Anwar Anggana mengatakan, penyemprotan cairan disinfektan dengan mengerahkan empat armada sweeper bertujuan menjaga sterilisasi komplek Pemkab Bogor, agar virus corona tidak menyebar.

“Ini inisiatif DLH, kita mengawalinya. Untuk awal kita menyasar perkantoran gedung Pemda seputar Jalur Tegar Beriman mulai dari Masjid Baitul Faizin bergerak ke CCM, lalu berputar balik kanan ke PDAM Tirta Kahuripan dan balik lagi siaga ke DLH,”  kata Anwar, dalam keterangan tertulisnya kepada Jurnal Bogor, kemarin.

Anwar menjelaskan, dalam penyemprotan disinfektan ini, DLH mengerahkan empat armada sweeper dengan kapasitas total 2.600 liter.  “Dua armada besar dengan kapasitas per unit 1.000 liter dan dua unit sweeper kecil berkapasitas 300 liter per unitnya,” ujarnya.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah DLH Trian Turangga melanjutkan, masih ada perkantoran di Jalan Bersih maupun ring luar yang belum disemprot disinfektan. “Itu sasaran berikutnya atau besok (hari ini, red). Termasuk perumahan di Bojonggede yang memang ditemukan suspek virua corona,” ucapnya.

Sementara sebelumnya, Palang Merah Indonesia (PMI), menyemprot seluruh ruangan strategis mulai dari Gedung Sekretariat Daerah (Setda), Ruang Rapat Bupati, Ruang Wakil Bupati, Pendopo Bupati hingga Gedung DPRD Kabupaten Bogor, beberapa waktu lalu.

Mengenakan pakaian lengkap dengan alat pelindung diri hingga masker, para petugas PMI Kabupaten Bogor ini satu-per satu memasuki ruangan untuk menyemprotkan desinfektan. Mulai dari tangga, pintu gerbang hingga kamar mandi.

Sekretaris PMI Kabupaten Bogor, Makmur Rozak mengatakan, ada tiga petugas PMI yang diterjunkan untuk penyemprotan ini. Menurutnya, penyemprotan akan terus dilakukan selama masa bencana virus corona.”Ini lokasi strategis semua (disemprot). Ruang rapat strategis, setda, kantor bupati juga, termasuk masjid juga kita semprotkan. Nanti rumah dinas juga,” kata Makmur.

Tak hanya itu, Makmur menyebut penyemprotan juga dilakukan lantaran Bupati Bogor, Ade Yasin tidak mewajibkan pegawainya di rumah seperti apa yang diedarkan kementerian terkait.

Makmur juga mengatakan jika penyemprotan desinfektan ini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor. Karena memang banyak permintaan dari kantor-kantor untuk disemprot. “Jadi kita berkoordinasi dengan dinas kesehatan untuk penyemprotan desinfektan. Ini akan terus dilakukan untuk meminimalisir sebaran virus corona,” tutupnya.

Dede Suhendar

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles