28.8 C
Bogor
Thursday, April 18, 2024

Buy now

spot_img

SLRT dan Puskesos Hadir untuk atasi Keluhan Permasalahan Sosial

Cianjur | Jurnal Inspirasi

Puskesos merupakan layanan rujukan satupintu (terintegrasi) di tingkat desa yang merupakan miniatur Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) yang berada di tingkat Kab/Kota. Puskesos Sabilulungan yang berada di Desa Jambudipa, Kabupaten Cianjur merupakan Puskesos dalam pelaksanaannya sebagai fasilitator, front office, dan back office melibatkan unsur Karang Taruna dan Aparat Desa setempat. Puskesos ini merupakan miniatur dari SLRT di Kabupaten Cianjur.

Menteri Sosial Juliari P Batubara dalam kunjungan kerja ke Cianjur didampingi Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Edi Suharto melihat langsung pelayanan puskesos dan meminta agar petugas puskesos membantu serta melayani masyarakat yang datang untuk mengadukan keluhannya. “Ini tolong dibantu mereka yang datang ke sini, dibantu dibuatkan BPNT nya” terang Mensos kepada petugas yang sedang melanyani masyarakat yang mengadu ke puskesos belum dapat program BPNT.

Puskesos Sabilulungan dalam seharinya menerima lima sampai sepuluh orang yang datang mengadukan keluhan untuk mendapatkan pelayanan sosial.

Salah satu petugas Front Office Puskesos Sabilulungan yang kami temui dilokasi, menjelaskan bahwa Puskesos Sabilulungan ini telah ada sejak November 2019 hingga sekarang,   antusiasme masyarakat untuk datang ke Puskesos melaporkan keluhan tentang kesejahteraan sosial cukup baik, dan menurut masyarakat setempat kehadiran puskesos dapat memberikan solusi dalam mengatasi   masalah seperti rujukan kesehatan, pendidikan, dan masalah sosial lainnya.

Handy Mehonk

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles