29.6 C
Bogor
Thursday, June 13, 2024

Buy now

spot_img

SDN Tugujaya 2 Wakili Lomba Sehat Tahun 2020 Tingkat Kabupaten

Cigombong, Jurnal Inspirasi

Sekolah Dasar Negeri (SDN) Tugujaya 2,  Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor terpilih menjadi perwakilan sekolah  pada kegiatan Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat KabupatenTahun 2020. Hal tersebut, merupakam tantangan serta suatu kebanggaan tersendiri bagi SDN Tugujaya 2 yang terpilih sebagai delegasi terbaik dari perwakilan sekolah di Kecamatan Cigombong.

Tahapan persiapan yang dilakukan Kepala sekolah dalam upaya membuat program dan kinerja guna mewujudkan sekolah sehat, sesuai kriteria yang telah dilakuakan dengan optimal. Ketua Tim 1 UKS Penilai Lomba Sekolah Sehat Tingkat Kabupaten, Ade M Saban mengatakan, penilaian berdasarkan acuan setara paripurna. Artinya, suasananya hampir sempurna dalam beberapa hal berkaitan dengan kondisi lingkungan belajar yang normal, baik secara jasmani maupun rohani. Hal itu terlihat dari sekolah yang bersih, indah, tertib, dan menjunjung tinggi nilai-nilai kekeluargaan dalam kerangka mencapai kesejahteraan lahir dan batin setiap warga sekolah.

“Ruang kelas, kepala sekolah, guru, ruang perpustakaan, toilet, kantin, dan jumlah siswa dengan rasio jumlah toilet sekolah harus sesuai. Semua aspek tersebut turut dinilai,” ujar Ade, Kamis (5/3)

usai melakukan kunjungan ke Unit Kesehatan Sekolah

Menurutnya, yakni lingkungan sekolah harus bersih, indah, tertib, rindang, dan memiliki penghijauan yang memadai. Kemudian, tempat pembuangan dan pengelolaan sampah serta air bersih terkontrol. Selain itu, kantin dan petugas kantin harus bersih dan rapi serta menyediakan menu gizi seimbang. Juga ruang kelas yang memenuhi syarat kesehatan (ventilasi dan pencahayaan cukup), ruang serta peralatan UKS yang ideal,” tambah Ade.

Kegiatan lomba yang dilaksanakan pada Kamis (5/3) bertempat di Kp. Benteng Desa Tugujaya Kecamatan Cigombong dengan diawali opening  oleh penampilan Marching Band dan tari Peling dari penampilan siswa siswi SDN Tugujaya 2I. Acara kegiatan yang dihadiri lintas Intansi, diantaranya Dinas Pendidikan, Dinas  Kesehatan, Dinas Tata Ruang, Sekda Kabupaten Bogor, Muspika Kecamatan Cigombong, dan hadir dalam acara  tersebut K3S dan para kepala sekolah se Kecamatan Cigombong, para orang tua siswa, dan unsur masyarakat, turut hadir dalam acara Lomba Sekolah Sehat ini.

Ditempat terpisah Kepala Sekolah SDN  Tugujaya 2, Ahmad Zulfikar Zein.SPd menerangkan visi sekolahnya unggul dalam prestasi dengan dilandasi Iman dan taqwa dengan misi menjadikan sekolah unggulan di gugus Kecamatan Cigombong, meningkatkan kompetensi guru melalui pendidikan, meningkatkan hasil lulusan terbaik di Kecamatan Cigombong dab menjadi juara dalam lomba olahraga atau mata pelajaran di tingkat  gugus kecamatan.

“Berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), mengadakan pembiasaan dalam kegiaran keagamaan sholat Duha dan pembacaan atat suci Al Quran dan membangun sarana ibadah untuk kegiatan keagamaan,” paparnya.

Camat Cigombong Basrowi.SH mengatakan, sekolah SDN Tugujaya 2 merupakan sekolah terbaik di Kecamatan Cigombong ini karena sekolah tersebut memiliki sarana dan prasarana pembelajaran yang memenuhi standar sebagai sekolah sehat, kenyamanan dan keamanan, taman/kebun sekolah yang bisa dimanfaatkan serta kurikulum pembelajaran yang baik bagi tumbuh kembang siswa, juga menerapkan kehidupan sekolah yang menjunjung tinggi nilai-nilai kekeluargaan, pola hidup bersih, higienis, dan lingkungan yang sehat.

Unit Kesehatan Sekolah (UKS) pada prinsipnya melaksanakan pendidikan kesehatan di sekolah (health education in school) pada usaha bagaimana membuat sekolah tersebut sehat secara lingkungan,dan kehidupan sekolah yang sehat (healthy Scholl environment ) serta memperhatikan kesehatan peserta didik.

“Hal ini membuat sekolah memberikan edukasi bagi setiap siswa untuk dapat melakukan aktivitas juga melaksanakan kegiatan Belajar Mengajar (KBM) lebih nyaman,” pungkasnya.

Deny

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles