33.1 C
Bogor
Tuesday, May 28, 2024

Buy now

spot_img

RYC dan APWMI Gandeng Elly

Cibinong, Jurnal Inspirasi

Guna menciptakan peluang usaha mandiri, Rachmat Yasin Center (RYC) bekerjasama dengan Asosiasi pengusaha wanita mandiri Indonesia (APWMI) menggelar pelatihan wirausaha di bidang tata boga, kepada para perempuan di Kabupaten Bogor, Cibinong, Kamis (5/3).


Hadir langsung dalam pelatihan itu, anggota Komisi VI DPR RI, Elly Rachmat Yasin mengatakan, pelatihan wirausaha tersebut merupakan cara untuk membangkitkan gairah wirausaha di kalangan masyarakat. 

“Kami ingin wirausaha ini bisa lebih berkembang. Bisa membuat usaha-usaha baru. Apalagi saya di komisi VI konsen juga untuk mengadakan pelatihan seperti ini,” ujar Elly kepada Jurnal Bogor, kemarin.

Ia menerangkan, saat ini masih menjalani masa reses di Kabupaten Bogor. Sehingga, pelatihan wirausaha yang dikerjasamakan di RY Center itu akan menjadi bahan laporannya untuk kemudian diajukan ke tataran pusat. 

“Wirausaha itu merupakan salah satu konsen pemerintah pusat untuk dikembangkan dan memberikan nilai ekonomi bagi masyarakat,” terangnya.

Ia menjelaskan, bahwa industri kuliner menjadi tren yang semakin diminati dan dibutuhkan kreatifitas dalam menghadapi daya saing di pasaran.

“Saat ini bisnis semakin berkembang apalagi makanan. Kami harus mampu terlibat dalam perputaran bisnis itu. Kami juga harapkan peserta dalam pelatihan ini nantinya bisa lebih aktif dan berinovasi dalam membuat produk makanan yang dipasarkan,” jelasnya.

Ia menambahkan, jika saat ini peluang berwirausaha di bidang tata boga atau kuliner ini sangatlah menjanjikan. Maka, melalui pelatihan wirausaha ini ia mengaku memiliki target agar hasil daripada pelatihan yang dikerjasamakan dengan RY Center ini bisa menembus pasar dan mampu bersaing dengan pelaku usaha lainnya.

“Pelatihan wirausaha dilaksanakan selama 5 minggu. Kita harapkan ini memberikan dampak yang baik untuk kepentingan usaha masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Pelatihan Wirausaha Tata Boga di RYC, Budi Haryadi mengungkapkan, kegiatan tersebut menjadi upaya dalam meretas kemiskinan di wilayah Bumi Tegar Beriman.

“Kami harapkan buah dari pelatihan ini, para peserta bisa membuka usaha mandiri baik dengan melibatkan pemerintah maupun tidak dalam produksinya,” terang pria yang akrab disapa Abuy ini.

Lebih lanjut ia memaparkan, pihaknya juga ingin berbuat untuk kepentingan masyarakat dengan berkontribusi terhadap program pemerintah.

“Dengan wiraswasta dapat mendongkrak perekonomian utamanya di Kabupaten Bogor. Ini bagian dari program Pemkab Bogor yakni Karsa Membangun,” paparnya. 

Noverando H

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles