26.6 C
Bogor
Saturday, May 25, 2024

Buy now

spot_img

Dishub Akan Luncurkan Kartu Uji Elektronik

Bogor | Jurnal Inspirasi

Setiap kendaraan wajib melakukan pengujian secara berkala setiap 6 bulan sekali yaitu seperti bus umum atau tidak umum, truk umum atau tidak umum dan kendaraan berpenumpang umum. Untuk mempermudah masyarakat Kota Bogor melakukan pengujian kendaraannya, Dinas Perhubungan dalam waktu dekat ini akan  melaksanakan rencana penerapan kartu uji elektronik.

Hal itu disampaikan oleh Islahuddin Isma, selaku Kepala Seksi Komunikasi, Informasi dan Edukasi Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor dalam acara sosialisasi dengan media,  Jumat (14/2). “Kami akan  mensosialisasikan penggunaan kartu uji elektronik, saat ini  kami sedang mempersiapkannya,  penerapan kartu uji eletronik tersebut  akan diuji cobakan di bulan April atau Mei 2020. Kartu uji elektronik ini  berbasis android untuk lebih memudahkan dalam hal mendaftar dan  mencari informasi. Jadi lebih transparansi, akuntable, keterbukaan dan memotong jalur panjang birokrasi. Aplikasi kartu uji elektronik ini nanti tersedia di playstore. Aplikasi ini lebih diutamakan untuk pemilik kendaraan yang wajib uji.”

“Dalam proses pengujian ada dua segmen, pekerjaan teknis dan pekerjaan administrasi pengujian, ini harus dimatchingkan, produknya keluar di administrasi tapi substansinya dari teknis pengujian, jadi datanya harus disinkronkan dengan kartu. Sehingga bisa terlihat dan dalam tugas pengawasan kami lebih terbantu, karena anggota di lapangan bisa memantau status kendaraan tanpa harus memberhentikannya. Semua by sistem, semua masuk ke server, kita punya  data base sehingga tinggal kita kembangkan sesuai kebutuhan, baik untuk pengguna, pemilik maupun pengawas.”

“Semua ini atas perintah atau amanah dari Kementrian Perhubungan, pengujian harus menggunakan kartu elektronik, sehingga semua terintegrasi, “ pungkasnya.

ADV | Prast

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles