Petani Kopi Sukamakmur Masuki Masa Panen

0

Sukamakmur | Jurnal Bogor

Para petani kopi di Desa Sukaharja, Sukawangi, Cibadak, dan Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor mulai memasuki masa panen raya. Lahan kopi dengan luas puluhan hektar ini ditanami jenis kopi  Robusta dan Arabika.

Kordinator Balai Penyuluhan  Pertanian (BPP) wilayah XI Jonggol Jajang mengatakan, kopi merupakan salah satu produk unggulan di Kecamatan Sukamakmur yang sudah dikembangkan

“Kami menyadari produk kopi di Kecamatan Sukamakmur ini perlu ada pembenahan baik dalam proses pengemasan ataupun pengolahan agar mudah diterima pasar secara luas,” paparnya kepada Jurnal Bogor, Rabu ( 11/05/22).

Menurutnya, saat ini usaha kopi sudah dikelola kelompak tani, dan pada masa pandemi saat ini mampu menggerakan dan menyerap tenaga kerja untuk mproduksi kopi tersebut dan para kelompok tani menjual produk secara daring atau online

“BPP wilayah XI  Jonggol sedang memberdayakan petani dalam pemasaran secara daring , kami berharap petani ini mampu mengembangkan pengolahan dan pemasaran, ” cetus Jajang.

Ia menambahkan BPP juga akan  menggandeng kelompok tani milenial untuk mengkolaborasikan produk perkebunan dengan potensi wisata di Kecamatan Sukamakmur sehingga kopi produksi dari Kecamatan Sukamakmur  mampu mendongkrak kunjungan wisatawan.

“Wisata di kawasan Desa Sulaharja, Sukawangi, Sukamulia, Cibadak dan Wargajaya  sedang berkembang sehingga di setiap objek wisata ada kedai kopi hasil panen masyarakat setempat. Sektor wisata menjadi sasaran utama untuk memasarkan kopi, selain dengan sistem penjualan  secara daring atau online , perlu diketahui kopi dari Kecamatan Sukamakmur memiliki cita rasa tersendiri, sehingga tidak bisa dibandingkan dengan produk lain,” pungkasnya.

** Nay / Ramses

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here